Rumahweb Blog
banner blog - Cara Menggunakan Localhost PHPMyAdmin Untuk Pemula

Cara Menggunakan Localhost phpMyAdmin di XAMPP Untuk Pemula

Ketika Anda berencana membuat website atau aplikasi di server lokal, Anda pasti akan sering bersinggungan dengan istilah phpMyAdmin. Artikel ini akan membahas cara menggunakan localhost PHPMyAdmin XAMPP untuk para pemula.

Sebuah website yang dinamis memerlukan database untuk menampung informasi atau data yang dibutuhkan. Database merupakan sekumpulan data yang saling terintegrasi dan dibutuhkan untuk dapat mengakses suatu website atau aplikasi.

Sebelum suatu website atau aplikasi diluncurkan, biasanya para web developer akan menggunakan server lokal, atau localhost untuk mengecek tampilannya terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan localhost PHPMyAdmin, atau sering disebut dengan istilah localhost XAMPP, untuk mempermudah pengelolaan database di server lokal.

Cara Mengakses Localhost PHPMyAdmin

Cara mengakses database di localhost phpMyAdmin sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengetikkan localhost/phpmyadmin di address bar browser. Namun, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi XAMPP pada komputer yang digunakan.

Jika Anda belum menginstall aplikasi XAMPP pada komputer, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, download installer XAMPP melalui halaman Apache Friends. Setelah selesai, cari file installer yang biasanya tersimpan pada folder Download di komputer. Selanjutnya klik install dan ikuti instruksi yang diberikan. Akses artikel Cara Install XAMPP di Windows untuk mengikuti panduan lengkapnya.

    Saat artikel ini dibuat, ada pilihan versi PHP 7.3.30, 7.4.23, hingga yang paling baru, versi PHP 8.0.10. Semakin tinggi versi PHPnya, akan semakin baik.
  2. Setelah XAMPP berhasil terinstall, jalankan service Apache dan database MySQL.
Cara Mengakses Localhost PHPMyAdmin image 1
  1. Selanjutnya, ketikkan URL localhost/phpmyadmin di browser yang digunakan. Akan muncul halaman phpMyAdmin seperti tampilan berikut.

Cara Membuat Database di Localhost phpMyAdmin XAMPP

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat nama database, dengan panduan berikut:

1. Klik menu Databases > Isi nama database yang akan digunakan > Klik tombol Create.

Cara Membuat Database di Localhost phpMyAdmin XAMPP image 1

Setelah database selesai dibuat, lanjutkan dengan membuat user untuk mengakses database tersebut.

2. Klik menu Privileges > Add user account > centang hak akses yang akan diberikan pada user tersebut > klik Add user.

Supaya lebih jelas dalam pembuatan database dan juga usernya, Anda dapat mengunjungi artikel kami Cara Membuat Database di XAMPP Localhost untuk panduan lengkap pembuatan database dan user-nya.

1. Import Database

Jika Anda sudah memiliki file database, Anda dapat mengupload database tersebut ke localhost XAMPP melalui menu Import. File yang dapat diimport ke phpMyAdmin ini antara lain file dengan format .sql, gzip, bzip, atau zip dengan ukuran file hingga 40 MB.

Jika Anda ingin mengupload file dengan ukuran lebih besar, Anda dapat melakukan import database melalui cmd (Command Prompt).

cara Import Database di phpmyadmin

2. Export Database

Selain menu import, ada juga menu export. Menu Export ini digunakan apabila Anda ingin memiliki file backup database, atau ingin memindahkan database ke server yang lain.

Untuk melakukan export, silakan klik nama databasenya, kemudian klik tombol export. Selanjutnya ada pilihan format export yang akan digunakan. Beberapa format yang didukung antara lain CSV, SQL, PDF, Ms Excel, Ms Word dan lainnya.

Cara Menggunakan Localhost PHPMyAdmin XAMPP

Setelah berhasil melakukan instalasi, mengakses phpMyAdmin, dan membuat database, Anda juga perlu mengetahui beberapa fitur lain di PHPMyAdmin dan cara menggunakannya, sebagai berikut:

1. SQL

Pada bagian SQL ini, Anda bisa menuliskan perintah SQL yang dapat digunakan untuk membuat dan tabell, hingga melakukan perintah select. Bila Anda ingin belajar tentang perintah MySQL lebih lanjut, silakan akses website w3school.

perintah SQL

2. Structure

Menu Structure digunakan untuk membantu Anda membuat tabel via interface. Melalui menu ini, Anda dapat mengatur tipe kolom, panjang kolom, dan lainnya dengan sangat mudah.

3. Search

Menu Search dapat Anda manfaatkan untuk mencari data di database yang digunakan. Anda dapat menggunakan beberapa kombinasi kondisi untuk memudahkan Anda dalam menemukan data yang diinginkan secara lebih spesifik.

fungsi kolom search di database

Kesimpulan

Localhost phpMyAdmin merupakan salah satu aplikasi pengelola database yang sering digunakan. Terdapat berbagai fitur yang dapat Anda manfaatkan dengan sangat mudah untuk mengelola database.  

Pada hosting berbasis cPanel, phpMyAdmin juga dapat digunakan oleh hosting untuk memudahkan proses pengelolaan databasenya. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan localhost, tentu Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat beradaptasi dengan tampilannya.

Rumahweb Indonesia juga menyediakan layanan hosting dengan kapasitas unlimited plus harga promo yang menarik dan murah untuk dicoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Anggit Puguh