Rumahweb Blog
Banner Artikel - Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Konten

Cara Menggunakan ChatGPT Untuk Membuat Konten

ChatGPT adalah salah satu teknologi Artificial Intelligence (AI) yang banyak digunakan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara menggunakan ChatGPT untuk membuat konten di berbagai platform!

Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memang semakin gencar dikembangkan oleh berbagai perusahaan untuk memudahkan aktivitas manusia.

Salah satu perusahaan yang sedang banyak diperbincangkan adalah Open AI. Perusahaan milik Elon Musk ini mengembangkan sebuah program komputer berbasis teks bernama ChatGPT yang diperkenalkan pada publik pada tahun 2021.

Pada dasarnya, ChatGPT adalah platform kecerdasan buatan yang menggunakan format percakapan dua arah antara bot dan manusia. Pada kolom yang tersedia, pengguna dapat memberikan pertanyaan apapun dan akan dijawab oleh bot dalam hitungan detik.

Menariknya, jawaban atau respons yang diberikan cukup realistis, seperti halnya berkomunikasi dengan manusia. ChatGPT tak hanya mampu menjawab pertanyaan sederhana, teknologi ini bahkan dapat berguna untuk membuat konten, loh!

Manfaat ChatGPT Untuk Membuat Konten

Ada beberapa manfaat ChatGPT, salah satunya adalah untuk membuat konten. Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat konten adalah sebagai berikut:

1. Memunculkan Ide Kreatif Dasar

Dalam proses pembuatan konten, ChatGPT dapat membantu menghasilkan ide-ide kreatif dasar. Ide yang dihasilkan ini akan meminimalisir terjadinya writer’s block, dan meningkatkan produktivitas.

Writer’s block adalah saat-saat di mana penulis atau pembuat konten mengalami kebuntuan yang membuatnya sulit melanjutkan atau menyelesaikan suatu karya.

2. Mempercepat Proses Pembuatan Konten

ChatGPT dapat memberikan respons yang instan. Biasanya, progam ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik sampai akhirnya jawaban muncul. Hal ini tentu akan membantu mempercepat proses dari pembuatan konten.

3. Menjadi Asisten Editor

Manfaat lain ChatGPT adalah dapat dijadikan asisten editor, yang bertugas memeriksa tata bahasa, pilihan kata, hingga memastikan kualitas konten yang dihasilkan maksimal.

4. Membantu Menghasilkan Konten dalam Berbagai Format

Saat ini, ada berbagai macam bentuk konten. Dengan ChatGPT, Anda dapat menghasilkan konten yang dapat disesuaikan dalam berbagai format. Sebagai contoh, konten untuk website, aplikasi, atau platform media sosial.

5. Menyesuaikan Konten Sesuai Kebutuhan Pengguna

Tak hanya berpatok pada format, ChatGPT juga dapat membantu membuat konten sesuai kebutuhan pengguna. Misalnya, target pembaca konten Anda adalah remaja. Anda dapat memberi request rekomendasi artikel dengan nada bahasa yang tidak terlalu formal.

BACA JUGA: Apa itu AI Chatbot dan Daftar Aplikasi Yang Bisa Anda Gunakan

Cara Menggunakan ChatGPT untuk konten

Sebelum mempelajari ke cara menggunakan ChatGPT untuk membuat konten, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs ChatGPT pada link berikut ini: https://chat.openai.com/.

Setelah itu, login dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar, atau registrasi terlebih dahulu jika belum memiliki akun.

Membuat Konten Website & Blog

Di bawah ini adalah urutan membuat konten untuk website dan blog:

1. Berikan Instruksi/Prompt yang Spesifik

Agar output konten artikel sesuai keinginan, Anda perlu menyiapkan instruksi yang spesifik untuk diberikan pada bot. Berikut ini kami rangkum beberapa prompt yang cocok Anda gunakan:

  • Prompt untuk Riset Keyword

Dalam membuat artikel, Anda tentu ingin konten Anda bisa dibaca oleh banyak orang. Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat konten website yang pertama adalah dengan memberikan instruksi untuk meriset keyword.

Contoh:

“Lakukan riset keyword yang relevan untuk topik […] agar artikel saya dapat lebih mudah ditemukan pembaca!”

  • Prompt untuk Brief

Setelah menemukan keyword artikel dengan topik terkait, selanjutnya Anda perlu memberikan prompt untuk brief artikelnya.

Contoh:

“Buat brief yang jelas untuk artikel website/blog tentang “pengasuhan”. Fokus pada topik […], dengan tujuan […], target audiens […], serta pesan yang ingin saya sampaikan adalah […]”.

  • Prompt untuk Judul Artikel

Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel selanjutnya adalah menentukan judul artikel.

Contoh instruksi:

“Beri saya judul yang singkat, jelas, dan menarik minat pembaca untuk konten terkait […]”.

  • Prompt untuk Menulis Artikel

Terakhir adalah prompt untuk menulis artikel.

Contoh:

“Tulis artikel SEO sebanyak […] kata dengan keyword […]. Artikel harus informatif menggunakan gaya bahasa kasual. Target pembaca adalah […]. Nantinya artikel akan dipublikasikan di […]”.

2. Periksa Respons dan Beri Instruksi Lanjutan

Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat artikel selanjutnya adalah memeriksa respon dari bot, dan memberikan instruksi lanjutan. Sedetail apapun prompt yang diberikan, biasanya hasil artikel dari bot masih butuh sentuhan tangan manusia. Berikan prompt lanjutan, sesuai bagian yang ingin Anda ubah.

Contoh:

Tone yang digunakan masih terlalu formal, tolong perbaiki agar tone-nya lebih santai untuk target audiens saya”.

3. Lakukan Perbaikan

Setelah menerima perbaikan, periksa kembali hasil yang diberikan bot. Berikan sentuhan-sentuhan manusia, dengan mengubah gaya bahasa, struktur kalimat, susunan paragraf, dan alurnya secara keseluruhan.

BACA JUGA: Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Untuk Menunjang Bisnis Online

Membuat Konten Media Sosial

Selain untuk membuat artikel, ChatGPT juga dapat dimanfaatkan untuk membuat konten media sosial, seperti berikut:

1. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Konten YouTube

Cara menggunakan ChatGPT untuk konten media sosial sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat artikel di website. Pada intinya, Anda perlu memberikan instruksi yang jelas untuk bot, agar output yang direkomendasikan bot dapat sesuai keinginan.

Contoh:

“Saya ingin membuat video YouTube tentang […], berdurasi […], dengan target penontonnya […]. Tolong buat skrip video yang menarik, lengkap dengan optimasi SEO-nya”.

2. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Konten TikTok

Berikut contoh prompt untuk konten TikTok:

“Tolong buatkan konsep video TikTok dengan topik […]. Tujuan video ini untuk […] dan durasinya sekitar […]”.

3. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Konten Instagram

Untuk konten Instagram, Anda bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membuat caption hingga hashtag.

Contoh:

“Saya ingin membuat konten reels di Instagram dengan topik […], dan target audiens […]. Beri ide konten yang menarik, lengkap dengan caption dan hastagnya”.

Mengoreksi Konten

Sebelum konten dipublikasi, Anda perlu melakukan pengecekan kembali dan melakukan pengeditan secara menyeluruh. Pastikan tata bahasa, ejaan, dan fakta serta informasi yang tertulis sudah benar dan sesuai.

Jangan lupa tambahkan gambar atau ilustrasi, terutama untuk konten artikel website, agar penyajian informasi lebih menarik bagi audiens. Intinya, jangan mengandalkan hasil bot sepenuhnya, karena bagaimanapun juga, ChatGPT hanyalah robot yang tidak bisa disamakan dengan manusia.

BACA JUGA: 8 Poin yang Harus Diperhatikan ketika Menulis Konten untuk SEO

Tips membuat konten dengan ChatGPT

Berikut ini beberapa tips dari cara menggunakan ChatGPT untuk membuat konten:

  1. Beri prompt atau perintah yang spesifik agar output yang muncul sesuai keinginan.
  2. Coba beberapa prompt untuk mendapatkan variasi respons dari ChatGPT.
  3. Berikan perintah yang jelas terkait gaya bahasa yang diinginkan, misalnya formal, santai, informatif, atau yang lain.
  4. Tentukan jumlah kata yang diinginkan.
  5. Ciptakan percakapan yang hidup dengan menganggap ChatGPT seperti manusia. Misalnya dengan memberikan pujian, kritik, dan lainnya.
  6. Sempurnakan output yang diberikan bot dengan melakukan pengecekan dan pengeditan secara menyeluruh di tahap paling akhir.

Demikian artikel dari Rumahweb Indonesia terkait cara menggunakan chatGPT untuk membuat konten. Semoga artikel ini berguna, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents