Rumahweb Blog
Cara Membuat Website Dengan WordPress

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Membuat website itu mudah. Dengan WordPress, Anda bisa membuat berbagai jenis website. Di artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk membuat website dengan WordPress mulai dari awal, hingga website siap di publish. Penasaran? Simak terus artikelnya. 

WordPress menjadi pilihan platform yang banyak digunakan diseluruh dunia. Cara membuat website baik itu blog, bisnis ataupun toko online dengan tampilan profesional, bisa Anda lakukan. Semuanya bisa dikerjakan dengan mudah menggunakan satu platform, yaitu WordPress. 

Meski Anda adalah orang baru dalam dunia website dan mungkin tanpa basic apapun sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir. WordPress memberikan kemudahan untuk membuat website baik website dengan tampilan sederhana ataupun dengan tampilan profesional. 

Banyak perusahaan besar yang mempercayakan WordPress sebagai platform dalam pembuatan websitenya. Sebagai contoh, ada The New York Times, Sony Music, The Walt Disney, CNN dan masih banyak lagi. Semakin tinggi kepopuleran suatu platform, akan semakin banyak forum atau banyak artikel yang membahas apabila terjadi masalah.  

WordPress.com vs WordPress.org, pilih yang mana?

Perbedaan dari keduanya adalah, bila wordpress.com bisa Anda gunakan secara gratis. Namun ketika Anda memilihnya, nantinya alamat website Anda akan menggunakan embel-embel namadomain.wordpress.com . Selain itu Anda terbatas dalam pengelolaannya. 

Sedangkan untuk wordpress.org, mengharuskan Anda memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Meski perlu bermodal sedikit, tapi setelahnya Anda akan diberi keleluasaan untuk melakukan setting ataupun optimasi pada websitenya. Lebih dari itu, alamat website juga akan terlihat semakin keren karena membawa nama brand, yaitu namadomain.com yang Anda beli. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat website dengan WordPress yang dari wordpress.org.  

Beberapa yang akan Anda temui nanti antara lain; 

  • Instalasi WordPress
  • Ganti Theme WordPress
  • Install Plugin
  • Mengelola Website

Sebelum memulai membuat website dengan WordPress, diperlukan 2 alat, yaitu domain dan juga hosting. Singkatnya domain adalah alamat website, yang menjadi brand kita di internet. Sedangkan hosting digunakan untuk menaruh file website. Apabila Anda belum memilikinya, silahkan melakukan pemesanan terlebih dahulu paket hosting di Rumahweb. Mulai dari Paket Small, Anda dapat menggunakan theme premium yang ciamik.

Cara membuat website dengan WordPress

Baik, mari kita mulai membuat website menggunakan WordPress.

1. Install WordPress

Sampai di langkah ini, pastikan Anda sudah memiliki domain serta hosting. Untuk menginstall WordPress sangatlah mudah. Anda bisa lakukan dari panel hosting. Berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti. 

2. Ganti Theme WordPress

Lanjut ke langkah selanjutnya, setelah WordPress sudah berhasil diinstall, silahkan Anda login ke halaman admin WordPress. Caranya, Anda bisa login ke admin website menggunakan url namadomain.com/admin selanjutnya masukkan user dan password sesuai yang Anda tentukan ketika melakukan instalasi.

Untuk melakukan instalasi theme WordPress, ada 2 cara. Yang pertama, melakukan instalasi langsung dari halaman admin website. Yang kedua, bila file theme cukup besar (lebih dari 10MB), Anda bisa menginstalnya secara manual. 

Apabila Anda menggunakan paket hosting Rumahweb yang Free Premium themes, untuk pengaktifannya silahkan menghubungi support teknis.

3. Install Plugin di WordPress

Setelah theme selesai di install, langkah selanjutnya adalah instalasi Plugin WordPress pendukung. Install Plugin bisa Anda lakukan langsung dari admin WordPress. Rekomendasi plugin yang Anda gunakan antara lain. 

  • SEO Plugins: Yoast SEO/ Platinum SEO/ All in One SEO.
  • Cache Plugins: LiteSpeed Cache
  • Form Plugins: Ninja Form
  • Sitemap Plugins: Google XML Sitemaps
  • SMTP Plugins: Digunakan untuk form kontak.
  • Plugin Toko Online : WooCommerce (optional) apabila membutuhkan website toko online namun tidak didukung oleh theme. 

Plugin diatas adalah plugin yang direkomendasikan. Bila Anda akan menggunakan plugin yang lain, dipersilahkan.

4. Membuat Halaman (Page)

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman. Pada menu halaman ini, nantinya bisa diisi dengan “Tentang Kami”, “Hubungi Kami”, “Kontak”. Untuk membuatnya Anda silahkan masuk menu Pages >> Add New Pages.

Untuk pengaturan menunya, mungkin ingin membuat sub menu, nanti bisa dilakukan dari Appearances >> Menus.

5. Posting Artikel

Terakhir saatnya membuat artikel/ blog. Untuk membuatnya silahkan dilakukan dari halaman Post >> Add New Post. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman seperti gambar dibawah.

Tampilannya simple dan cukup mudah untuk digunakan. Pada bagian Title silahkan ditulis judul artikel Anda. Tips nya, untuk judul mengandung kata kunci. Untuk detail deskripsi, bisa Anda tulis di bagian bawahnya. Usahakan deskripsi juga mengandung kata kunci yang Anda incar.

Jangan lupa memilih kategori pada menu sebelah kanan. Selain itu isi tags sebagai turunan kata kunci yang Anda incar.

Featured Images juga begitu penting. Gambar inilah yang akan ditampilkan ketika artikel tersebut di share di Medsos atau Platform Chatting. Rekomendasi ukurannya antara lain;

  • 600 x 315 px
  • 900 x 472 px
  • 1200 x 630 px

6. Mendaftarkan Website Ke Google

Google Console atau yang disebut Google Webmaster, adalah salah satu tools Google yang biasa digunakan para pemilik website untuk berkomunikasi dengan Google. Melalui tools ini, halaman website Anda akan lebih mudah dikenali oleh Google. Silahkan mendaftarkan websitenya ke Google dengan mengikuti panduan Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console Melalui File HTML.

Demikian cara membuat website dengan WordPress yang perlu Anda kuasai untuk menampilkan halaman website yang profesional. Mudah kan? Apabila ada pertanyaan tentang pembuatannya, jangan sungkan untuk menghubungi support teknis kami.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Anggit Puguh