Rumahweb Blog
banner - 10 Rekomendasi Blog untuk Belajar Cara Membuat Situs Web

10 Rekomendasi Blog untuk Belajar Cara Membuat Situs Web

Jika Anda memutuskan untuk berkarir sebagai web developer, maka bisa dipastikan Anda tak akan pernah berhenti belajar. Dengan perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti, selalu ada hal baru untuk dipelajari. Belajar cara membuat situs web pun bisa dari mana saja. Salah satunya, adalah dengan membaca blog tentang web development yang ditulis oleh para praktisi berpengalaman.

Daftar yang ada di bawah ini, berisikan 10 blog dengan konten yang bisa Anda gunakan untuk belajar cara membuat situs web dari berbagai macam aspek dari dunia web developing.

1. Tuts+ Code

Merupakan blog edukasi bertema web development yang memuat lebih dari 1.220 course dan tutorial, serta lebih dari 170 ebook dengan tema mulai dari coding dan web design, hingga 3D design dan motion graphics.

Tuts+ Code - Cara membuat situs web

Bagian “Section” di blog ini menawarkan konten-konten dengan pembahasan mendalam tentang API, accessibility coding, JavaScript, Python, dan masih banyak lagi. Blog ini juga menyediakan banyak panduan dalam berbagai aspek web development, seperti misalnya tools yang berguna untuk meningkatkan efektivitas workflow.

2. Smashing Magazine

Merupakan blog bertema desain dan web development ternama, yang menawarkan konten-konten berformat berita dan opini terkait web design, development, dan UX. Blog ini merilis post baru setiap hari, yang Akan membuat pembacanya selalu up-to-date dengan perkembangan terkini dari dunia teknologi.

Smashing Magazine - Cara membuat situs web

Untuk konten bertema coding, di blog ini Anda pun juga membaca post yang berkaitan dengan HTML, CSS, JavaScript, serta web design secara umum dan developer tools. Tim di balik blog ini terdiri dari developer dan desainer berpengalaman, yang secara rutin akan membagikan ilmu mereka pada pembaca.

3. SitePoint

SitePoint cocok untuk Anda yang mencari blog bertema web development yang fokus sepenuhnya pada development, bahasa pemrograman, dan development tools. Jika Anda mengikuti blog ini, maka Anda akan mendapatkan informasi berkala tentang topik-topik seputar web development setiap bulannya.

SitePoint - Cara membuat situs web

Anda pun bisa berlangganan email newsletter harian dari mereka yang akan menampilkan topik pilihan yang ada di blog setiap bulannya. Dan jika Anda mencari lebih dari sekedar materi bacaan, mereka pun menawarkan ebook, video, dan berbagai course yang bisa diakses dengan membayar $9 per bulan.

4. Hongkiat

Jika Anda mencari sesuatu yang tak hanya blog tentang web development saja, tapi juga menawarkan informasi tentang teknologi secara lebih umum, atau mungkin konten yang lebih “berbeda,” maka Anda bisa coba mampir ke Hongkiat. Di sini, Anda bisa menemukan segala hal tentang web development, mulai dari checkbox styling dengan CSS grids hingga HTML5 Semantics.

Hongkiat - Cara membuat situs web

Ketika Anda sedang merasa jenuh atau ingin rehat sejenak dari aktivitas programming dan ingin membaca konten yang berbeda untuk beberapa menit saja, di blog ini Anda pun bisa menemukan post-post ringan tentang cryptocurrencies hingga bagaimana cara me-restart iPhone. Jika secara umum Anda adalah tipe orang yang techy, maka bisa dipastikan Anda tak akan kehabisan konten menarik dari blog ini.

5. CSS-Tricks

Jika Anda mau belajar tentang segala sesuatu mulai dari cross-platform development hingga tools semacam Redux, CSS-Tricks punya semua panduan dan tips yang Anda butuhkan untuk memahaminya. Blog ini mengkhususkan diri membahas elemen-elemen yang bersifat praktikal dari pekerjaan web developer, mulai dari development tools, bagaimana membangun fitur accessibility, dan lain sebagainya.

CSS-Tricks- Cara membuat situs web

Yang paling bermanfaat dari blog tentang web development satu ini adalah adanya Almanac yang bertindak sebagai reference guide untuk semua fitur-fitur fundamental di CSS.

6. Web Design Ledger

Web Design Ledger adalah contoh lainnya dari blog yang kontennya mengkombinasikan secara seimbang tema-tema tentang web development dengan topik-topik desain yang lebih umum. Selain menyediakan tutorial dan listicle tentang web development tools, blog ini juga menerbitkan artikel berita dan tips reguler seputar PHP, JavaScript, jQueery, dan Node JS.

Web Design Ledger - cara buat situs web

Untuk tema-tema yang lebih general, blog ini punya konten tentang bagaimana cara membuat situs web, coding, dan bagaimana sebaiknya memilih nama domain terbaik untuk bisnis Anda.

7. A List Apart

Sebagai sebuah blog bertema web development, yang satu ini bisa dibilang paling unik bila dibanding dengan blog lain dengan tema serupa. Mereka menawarkan konten orisinal yang unik, dan secara rutin mengunggah konten yang membahas segala sesuatu tentang web design dan development.

A List Apart - cara buat situs web

Topik-topik yang dibahas di blog ini sangat beragam, mulai dari coding, design, bahkan hingga sisi bisnis dari industri tech dan web development. Selain itu, mereka juga mempublikasikan banyak tips berguna, seperti pemrosesan data menggunakan JavaScript, parsing HTML, dan cara memperbaiki aksesibilitas website untuk screen readers.

8. Codrops

Sedang mencari blog yang punya banyak tutorial, konten blog orisinal berkualitas dan kamus referensi CSS yang ekstensif? Cobalah mampir ke Codrops.

Codrops - membuat situs web

Blog ini sungguh enak diikuti, karena cara penyampaiannya yang inspiratif sekaligus kreatif. Di section “Playground,” blog ini banyak membahas tentang problem yang kerap ditemui dalam coding. Selain itu, mereka juga menyediakan berita tentang web development secara general.

Selebihnya, di blog ini, Anda juga akan menemukan daftar berbagai sumber yang bisa diakses gratis, seperti plugin dan website tutorial lainnya. Anda dijamin akan menyukai blog ini, terlebih jika Anda tertarik membaca tentang CSS dan Three Js.

9. Simple Programmer

Simple Programmer merupakan blog yang mencoba mengupas berbagai isu tentang web development melalui sudut pandang yang berbeda. Ini merupakan blog berisi tips dan saran, yang diperuntukkan bagi full stack, front-end, dan back-end developer, serta software engineer.

Simple Programmer

Di blog ini, Anda akan menemukan tulisan dengan topik-topik dari dunia development yang umumnya jarang dibahas. Mereka mengeksplorasi tema-tema seperti developer psychology, bagaimana cara memperbaiki kualitas hubungan antar sesama anggota dalam suatu tim developer, dan bagaimana cara menyusun portofolio yang efektif untuk melamar kerja.

10. SpeckyBoy

Jika Anda adalah seorang front-end developer dan tak ingin ketinggalan perkembangan terbaru yang sedang terjadi di industri, maka SpeckyBoy adalah bacaan wajib bagi Anda. Blog ini punya banyak tutorial berguna dan inspirasi UI yang berhubungan dengan CSS, Bootstrap, JavaScript, dan tema WordPress.

SpeckyBoy

Satu fitur khusus yang membedakan blog ini dengan blog-blog sejenis lainnya, adalah sebuah section yang secara khusus diperuntukkan bagi freelancer atau pekerja lepas. Topik-topik yang dibahas di dalamnya antara lain tentang manajemen waktu dan tips saat melakukan negosiasi gaji.

Demikian 10 rekomendasi blog untuk belajar cara membuat situs web. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana