Rumahweb Blog
Banner - Cara Membuat Podcast untuk Pemula

Cara Membuat Podcast untuk Pemula

Jika saat ini Anda tengah mencari panduan cara membuat podcast untuk pemula, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Cara membuat podcast sebenarnya tidaklah sulit, tapi memang ada beberapa langkah yang harus dilalui sebelum bisa meluncurkan podcast dan didengarkan oleh audiens.

Dalam artikel ini, Anda akan kami bimbing untuk melalui setiap proses cara membuat podcast, seperti:

  • Memilih topik dan nama podcast
  • Format acara dan episode
  • Membuat cover art
  • Musik intro dan outro
  • Memilih alat dan perlengkapan produksi
  • Merekam audio dan editing

Podcast merupakan ranah yang belum terlalu kompetitif bila dibandingkan dengan blogging. Per Mei 2021, jumlah podcast hanya ada sekitar 1,75 juta, sedangkan blog ada lebih dari 600 juta. Maka, sekaranglah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai membuat podcast!

Perencanaan

Perencanaan - Cara Membuat Podcast untuk Pemula-min

Ini merupakan tahap awal yang kadang sering diabaikan saat membuat podcast. Luangkan lah waktu yang cukup dan jangan terburu-buru dalam menyusun perencanaan sebelum akhirnya mengeksekusi podcast.

Memilih Topik Podcast

Usahakan untuk membuat podcast yang fokus pada satu topik atau bidang tertentu saja. Pilih topik di mana Anda memiliki kapasitas untuk bahas dalam, katakanlah, 50 episode. Dalam memilih topik, usahakan juga untuk jangan terlalu umum. Misalnya, alih-alih membuat podcast dengan tema “aktivitas outdoor,” Anda bisa memilih untuk membahas tentang mendaki gunung. Jangan khawatir kehabisan bahan, karena Anda masih bisa memperluas topik bahasan podcast seiring dengan berjalannya waktu dan audiens yang semakin banyak.

Menentukan Nama Podcast

Memperhatikan nama-nama podcast yang saat ini sudah ada, beberapa memilih nama yang cenderung deskriptif dan memberi gambaran kepada calon pendengar tentang apa konten podcast tersebut. Namun beberapa lainnya, memilih sebuah nama hanya karena nama tersebut terdengar menarik dan mudah diingat saja.

Kebalikan dengan memilih topik yang harus sespesifik mungkin, usahakan memilih nama yang cenderung bernuansa lebih umum. Alasannya, agar jika di kemudian hari Anda memutuskan untuk memperluas topik bahasan, maka kemungkinan untuk nama podcast-nya masih sejalan dan tidak melenceng masih terbuka.

Menetapkan Format Podcast

Durasi

Beberapa pihak mengklaim bahwa panjang durasi tertentu merupakan durasi yang sempurna untuk sebuah podcast. Ada yang mengklaim bahwa 28 menit adalah waktu yang paling ideal karena itu merupakan rata-rata waktu berkemudi seseorang dalam sehari. Ada pula yang bilang bahwa sebaiknya durasi podcast jangan sampai melebihi satu jam, karena orang tidak bisa menaruh perhatian pada suatu konten lebih lama dari itu. Namun kenyataannya, klaim tersebut tidak bisa diaplikasikan untuk semua podcast.

Ada podcast berdurasi 5 menit, dan ada pula yang lebih dari 2 jam. Keduanya bisa dan sangat mungkin untuk berhasil dan menarik banyak pendengar. Intinya, temukan durasi berapa saja yang paling sesuai dengan pembahasan yang hendak disampaikan di setiap episodenya. Jangan sampai membuat podcast yang seharusnya bisa tersampaikan dengan baik hanya dalam waktu 15 menit, tapi memanjangkannya menjadi 28 menit hanya karena ada yang menganjurkan demikian.

Style

Podcast interview saat ini merupakan yang paling populer, tapi bukan berarti Anda harus selalu mengikutinya. Anda bisa membagi untuk membuat podcast tunggal, multiple host podcast, dan interview dengan proporsi yang berimbang. Kembali lagi, pilihlah style podcast yang dirasa bisa  memaksimalkan penyampaian isi dari podcast.

Format Episode

Anda bisa mengeksplor sekreatif mungkin untuk format episode podcast. Namun, banyak podcast populer yang mengikuti format seperti berikut ini:

  • Musik intro atau bumper
  • Pembukaan
  • Iklan (kalau ada)
  • Interview
  • Call to action (“share dan follow social media kita!”)
  • Musik outro

Sekali lagi, format di atas tidaklah baku dan bisa Anda kreasikan sendiri. Tapi ingat, untuk setiap episode yang dibuat, podcast Anda akan dengarkan oleh pendengar lama dan pendengar baru. Jadi, susunlah format podcast sehingga bisa tetap masuk untuk dua jenis audiens tersebut.

Persiapan

Persiapan - Cara Membuat Podcast untuk Pemula-min

Sekarang, jika Anda sudah mantap menentukan topik dan format acara, saatnya mempersiapkan beberapa hal sebelum mulai memproduksi dan meluncurkan podcast.

Membuat Cover Art

Cover art akan jadi kesan pertama yang didapatkan oleh pendengar saat sedang browsing di aplikasi podcast untuk mencari konten untuk didengarkan. Cover art juga akan jadi gambar yang dilihat oleh orang ketika Anda membagikan link podcast Anda di media sosial.

Jika Anda tidak memiliki skill desain tapi memiliki bujet lebih, Anda bisa coba menggunakan  99 Designs. Di sana, Anda bisa memperoleh usulan draft desain dari banyak desainer, lalu tinggal Anda pilih yang paling sesuai untuk kemudian disempurnakan sesuai dengan keinginan.

Membuat Musik Intro

Anda bisa coba PremiumBeat untuk mendapatkan musik intro  yang bebas royalti. Dengan membeli  musik di sana, Anda pun akan memperoleh lisensi secara penuh, dengan banyak pilihan genre musik.

Menyiapkan Mikrofon

Meskipun kualitas audio sangatlah krusial, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperoleh mikrofon berkualitas bagus untuk membuat podcast. Salah satu mikrofon yang paling populer digunakan untuk membuat podcast adalah Audio-Technica ATR2100x-USB. Ini merupakan mikrofon USB yang juga memiliki XLR connection, sehingga memungkinkan Anda untuk meng-upgrade peralatan rekaman tanpa perlu membeli mikrofon baru.

Menghubungi Narasumber

Jika Anda memutuskan untuk memilih format interview, sekarang Anda perlu membuat daftar nama-nama narasumber yang diinginkan untuk bisa tampil di podcast Anda. Lalu, mulailah menghubungi mereka. Buat jadwal rekaman yang sama-sama nyaman untuk kedua belah pihak. Jika narasumber yang Anda adalah profesional yang mematok bayaran, jangan lupa untuk membuat surat kontrak kerja sama yang mencantumkan hak dan kewajiban kedua belah pihak secara jelas.

Rekaman dan Editing

Rekaman dan Editing - Cara Membuat Podcast untuk Pemula-min

Alitu (Pilihan Mudah)

Jika Anda belum familiar dengan software editing sebelumnya, maka menggunakan GarageBand atau Audacity dijamin akan mengintimidasi. Maka, Alitu adalah pilihan tepat untuk Anda. Ini merupakan tool pembuat podcast yang menyediakan banyak pilihan otomatis untuk berbagai hal teknis, dan dijamin akan memudahkan Anda dalam membuat podcast di setiap episodenya. Alitu bisa diakses melalui browser, jadi bukanlah software dan tidak perlu di-download, tapi memerlukan koneksi internet.

Alitu didesain agar mudah digunakan dan bisa melakukan hampir semua hal:

  • Membersihkan noise di audio
  • Menambahkan musik
  • Membantu menyusun segmen-segmen audio
  • Bisa langsung mempublikasikan podcast

Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan hanya meng-upload rekaman Anda, lalu gunakan foolproof editor yang khusus dirancang untuk podcast untuk memoles kekurangan yang ada, dan selebihnya, Alitu yang akan menangani.

Alitu juga menyediakan arsip musik dan jingle dengan pilihan yang banyak untuk dijadikan musik tema atau transisi di antara segmen. Alitu sangat cocok bagi Anda yang masih pemula, atau bahkan podcaster profesional yang ingin memangkas waktu produksi agar lebih ringkas.

GarageBand (Pilihan Gratis)

GarageBand memiliki sebagian besar fitur yang hampir mirip dengan kebanyakan software editing lainnya. Opsi software lainnya yang juga banyak digunakan antara lain Adobe Audition dan Audacity.

Berikut ini adalah tahap demi tahap melakukan rekaman dan editing dengan menggunakan GarageBand.

Membuat template

Sebelum memulai, akan sangat mempermudah jika Anda membuat sebuah format template yang bisa digunakan ulang setiap kali Anda merekam episode baru podcast.

Template yang dibuat terdiri dari musik intro dan outro, menyediakan space untuk ad spot (kalau ada), dan file track suara Anda dan narasumber. Berikut ini adalah contoh template yang bisa dibuat:

Podcast template in GarageBand

Jika sudah ada, tinggal buka template, klik File lalu Save As, dan simpan file dengan nama episode (contoh: 008-episode-8-judul).

Dengan begini, maka berbagai efek yang digunakan di track suara, termasuk compression, EQ, dan lainnya, akan tersimpan sehingga Anda tidak perlu menambahkannya lagi di setiap track.

Rekam 1 hingga 3 episode sekaligus

Podcast Tunggal

Jika Anda ingin merekam podcast tunggal, atau merekam intro sebelum melakukan interview, Anda cukup memilih track yang ingin Anda rekam (lihat track Podcast Audio yang dipilih di gambar di atas, diindikasikan dengan warna abu-abu terang) dan klik tombol Record berwarna merah.

garageband control buttons
Multiple Host Podcast

Jika podcast yang akan Anda rekam memiliki lebih dari satu pembicara, maka tinggal klik Track, lalu Configure Track Header, dan klik Record Enable.

Hal ini akan memberikan Anda opsi untuk merekam lebih dari satu track suara dalam satu waktu, dan Anda pun bisa melihat tombol Record Enable di setiap track.

record enable garageband

Klik tombol itu di setiap track yang ingin Anda rekam, lalu klik tombol Record merah di atas. Sangat mudah!

Remote Interview

Banyak podcaster yang menggunakan Skype untuk merekam remote review atau wawancara jarak jauh, dan cara termudah untuk merekam audio (atau video) adalah dengan Ecamm Call Recorder for Skype (untuk pengguna Mac) atau Pamela (untuk pengguna Windows).

Jika Anda menginginkan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan saat menggunakan Skype atau Zoom, atau jika Anda ingin membuat file audio individu untuk masing-masing pembicara, layanan seperti Iris bisa menjadi pilihan. Layanan ini didesain khusus untuk melakukan remote recording atau rekaman jarak jauh dan podcast interview.

Saat selesai melakukan rekaman wawancara, Anda akan memperoleh dua track audio yang berbeda (masing-masing untuk host dan narasumber), yang nantinya harus Anda tumpuk seperti ini:

remote interview tracks in garageband

Gambar di atas juga menunjukkan contoh template lainnya yang mungkin bisa Anda gunakan. Podcast Audio track hanya digunakan untuk podcast tunggal, sedangkan track Interview  hanya digunakan untuk podcast yang menampilkan wawancara.

Editing

Ada beberapa hal yang bisa dengan mudah Anda atur sebelum memulai editing dan simpan di dalam template, yang akan membuat podcast Anda terdengar jauh lebih profesional. Namun perlu diingat, bahwa setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda, sehingga tidak ada pengaturan yang bisa secara universal diaplikasikan ke semua podcast. Namun, langkah-langkah di bawah ini bisa dicoba sebagai titik awal yang baik:

  1. Pilih file  track yang akan Anda kerjakan (mulailah dengan rekaman suara Anda sendiri)
  2. Klik space kosong di kotak plug-in
  3. Tambahkan compression dengan cara klik Dynamics, lalu pilih Compressor
garageband compressor selection
  1. Coba sesuaikan pengaturan seperti gambar di bawah ini. Namun ingat, ini bukan pengaturan yang paten, dan masih sangat mungkin disesuaikan sesuai kebutuhan
podcast compression setting in garageband
  1. Selanjutnya, tambahkan EQ, dengan klik EQ, lalu pilih Channel EQ. Berikut pengaturan yang bisa Anda coba:
podcast vocal eq settings garageband
  • 100 Hz: 24dB/Oct roll off, Q: 0.79
  • 160 Hz: -2.5dB, Q: 2.20
  • 500 Hz: -1.0dB, Q: 0.71
  • 930 Hz: -0.5dB, Q: 3.20
  • 3400 Hz: +0.5dB, Q: 0.71
  • 5400 Hz: +2.5dB, Q: 0.71

Tahap terakhir yang bisa dilakukan, walaupun tidak harus, adalah menggunakan Auphonic untuk menambahkan normalization for loudness (LUFS), leveling, dan filtering.

Upload Podcast Anda!

Jika proses editing sudah selesai, sekarang saatnya mengunggah podcast Anda di platform pilihan. Ada banyak pilihan platform untuk mempublikasikan podcast Anda, beberapa yang populer antara lain Spotify, Anchor, dan Joox. Untuk mengetahui cara membuat akun podcast di tiga platform tersebut, baca panduannya di artikel ini. Selamat mencoba! Demikian artikel cara membuat podcast untuk pemula dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana