Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat Google Sitelink Pada Website

Cara Membuat Google Sitelink Pada Website

Ketika Anda mengetikkan keyword “Rumahweb” melalui Google, hasil pencarian akan menampilkan domain utama beserta beberapa halaman Rumahweb lain yang sering dikunjungi. Menu-menu tersebut dinamakan dengan Google Sitelink. Lalu, bagaimana cara membuat google sitelink pada website? Pada artikel kali ini, Kami akan menjelaskan tentang apa itu sitelink dan cara mendapatkannya di pencarian Google.

Apa itu Google Sitelink?

Google Sitelink adalah subpages yang tampil di bawah domain utama pada saat pencarian query di Google. Sitelink biasanya berupa link ke beberapa halaman atau pages yang paling banyak dikunjungi. Berikut adalah contoh Sitelink dari Google.

sitelinks

Biasanya sitelink diberikan kepada website brand tertentu yang memiliki keyword spesifik, contohnya seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga Rumahweb. Jumlah sitelink yang diberikan juga bervariasi, mulai dari dua hingga 6 sitelink yang dimunculkan, dan hal ini merupakan hak prerogatif sepenuhnya dari Google.

Sitelink yang ditampilkan merupakan sub-pages yang paling banyak dicari pada website, sehingga memudahkan user atau pengguna untuk menemukan halaman yang dicari. Sedangkan bagi pemilik website, tentu hal ini menjadi sebuah hadiah yang terbaik karena user akan mudah menemukan website mereka. Lalu, bagaimana cara agar website Anda mendapatkan Google Sitelink?

Cara Membuat Google Sitelink

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Google menambahkan sitelink pada website Anda. Berikut beberapa langkah-langkah membuat google sitelink:

1. Lakukan Optimasi SEO

Setelah website sudah jadi, Anda perlu melakukan optimasi SEO. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih keyword spesifik yang paling baik merepresentasikan website Anda.

Contohnya saja Rumahweb, maka targetkan kata kunci ‘rumahweb’ sebagai main keyword pada halaman utama. Lalu jangan lupa, implementasikan juga di beberapa halaman lain untuk menegaskan keyword pada website.

Bagi pengguna WordPress, Anda bisa melakukan optimasi dengan menggunakan plugin tambahan seperti All in one SEO atau Yoast SEO. Sedangkan bagi Anda yang membuat website melalui Weebly, Anda bisa melakukan optimasi SEO pada website-nya melalui Weebly Cloud. Pelajari selengkapnya di sini tentang SEO Weebly.

Jika Anda menggunakan script php, html atau bootstrap, Anda bisa menambahkan keyword dengan menambahkan script <meta name=”keywords”> pada header

2. Perbaiki Struktur Navigasi

Struktur navigasi yang baik akan memudahkan Google dalam melakukan crawling dan indexing. Dengan begitu, Google juga akan mudah menemukan halaman-halaman yang dianggap memiliki potensi untuk menampilkan sitelink pada query pencariannya.

Struktur permalink yang direkomendasikan adalah /%postname%. Karena itu, kami sarankan agar Anda menggunakan struktur tersebut. Contoh permalink-nya seperti namadomain.com/namapos.

Sedangkan untuk navigasi, pastikan menu Anda telah menampilkan menu-menu utama di website secara lengkap. Seperti home, produk, service, hingga contact. Penamaan permalink pada menu disarankan juga sama, yaitu seperti namadomain/namamenu. 

3. Buat XML Sitemap 

Sitemap berfungsi juga untuk memudahkan search engine dalam menganalisa website Anda. Sehingga search engine akan mengetahui secara detail isi website yang Anda buat, dan bisa melakukan analisa halaman apa saja yang sekiranya paling banyak dikunjungi.

Jika Anda pengguna WordPress, sitemap ini bisa dibuat dari beberapa plugin. Kebanyakan saat ini plugin SEO telah menyertakan sitemap sebagai salah satu fitur unggulannya seperti Yoast, All in one seo hingga Google XML Sitemap. Panduan pembuatan sitemap bisa Anda lakukan melalui link berikut : Cara Membuat Sitemap di WordPress

Bila Anda menggunakan script php atau html secara manual, Anda bisa mencoba membuat Google XML Sitemap melalui script. Pelajari selengkapnya membuat sitemap dengan script.

Setelah membuat sitemap selesai, Anda bisa mendaftarkan domain ke Google Search Console. Pada Google Search, Anda bisa menambahkan menu Peta Situs dengan sitemap yang telah Anda buat. Berikut panduan verifikasi domain ke Google Search yang bisa Anda pelajari:

a. Verifikasi Google Search melalui DNS
b. Verifikasi Google Search melalui HTML

4. Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau yang kita kenal dengan kesadaran merek, adalah kemampuan pengguna untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat logo, image hingga warna yang merepresentasikan identitas dari suatu brand.

Kemampuan ini biasanya menjadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat mengambil keputusan. Semakin brand itu dikenal baik, maka idealnya tidak membutuhkan waktu lebih lama bagi konsumen untuk menentukan keputusan. Karenanya, branding menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan.

Pelajari selengkapnya tentang membangun brand guidelines dan meningkatkan brand awareness.

5. Internal Backlink

Internal backlink adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Tujuan pembuatan internal backlink tidak hanya untuk memudahkan search engine dalam mengetahui halaman mana yang menjadi utama, internal backlink juga memudahkan bagi pengguna untuk melakukan navigasi pada website.

Ada beberapa poin yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan internal backlink yang baik. Mulai dari menggunakan anchor text yang tepat, hingga penggunaan rel ‘dofollow’ pada setiap backlink yang kita buat. Anchor text berfungsi untuk meningkatkan nilai keyword dari halaman yang kita tuju. 

Sebagai contoh artikel ini, kami memberikan rekomendasi kepada Anda untuk mencoba layanan RankingCoach. Kami akan menggunakan anchor text semisal ‘tools seo terbaik’ untuk backlink ke halaman utama RankingCoach. Pastikan juga bahwa backlink yang Anda gunakan ini memakai rel ‘dofollow’, agar backlink yang Anda buat bisa diindeks oleh Google.

Google Sitelink memang merupakan hak prerogatif Google, apakah akan menampilkannya di website kita atau tidak. Namun kita bisa mengupayakan untuk mendapatkan keuntungan yang istimewa ini. Dengan beberapa langkah membuat Google Sitelink diatas, setidaknya kita telah memudahkan Google untuk menganalisa dan memahami isi website yang kita buat. 

Bagi Anda yang baru belajar melakukan optimasi SEO pada website, Anda bisa mencoba tools SEO terbaik dari Rumahweb untuk mendapatkan tips-tips optimasi pada website. Coba sekarang secara gratis dan rasakan kemampuan optimasi SEO Anda yang akan meningkat. 

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer