Rumahweb Blog
banner artikel - Cara Membuat Artikel di WordPress yang Powerful

Cara Membuat Artikel di WordPress yang Powerful

WordPress merupakan salah satu platform untuk menulis artikel web yang cukup populer. Cara membuat artikel di WordPress juga relatif mudah dilakukan. Namun, Anda tidak bisa hanya menulis, tanpa memperhatikan struktur dan kualitas artikel.

Dalam menulis artikel secara online, penentuan topik, struktur tulisan, dan kualitas artikel akan sangat menentukan skor SEO dan kepuasan pembaca.

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara membuat artikel di WordPress yang menarik dan juga powerful dari Rumahweb Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini!

Struktur Artikel di WordPress

Hal mendasar yang wajib Anda pahami sebelum menulis artikel di WordPress adalah membuat struktur artikel yang baik. Terdapat beberapa elemen penting dalam menulis sebuah artikel, salah satunya penggunaan hierarki judul yang benar sehingga artikel Anda bisa memiliki peringkat SEO yang tinggi.

Cara membuat artikel dengan struktur ini bisa Anda pelajari selengkapnya di artikel berikut:  Contoh Struktur Artikel di WordPress

Optimasi On Page SEO di WordPress

Setelah memahami struktur artikel, selanjutnya Anda dapat mempelajari bagaimana cara membuat artikel dengan optimasi SEO On Page di WordPress.

Jika Anda ingin artikel atau website dikunjungi oleh banyak orang, maka Anda harus mengoptimasi SEO website tersebut. Terutama jika ingin memasarkan barang atau jasa agar semakin banyak orang yang akan mengenali bisnis Anda. 

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk meningkatkan peringkat artikel atau website pada halaman pencarian Google.

SEO On Page merupakan optimasi yang dilakukan melalui tulisan atau website Anda sendiri, hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk bisa mencocokkan halaman dengan keyword yang dicari.

Baca juga: On Page SEO: Pengertian dan Cara Penerapannya - Rumahweb Blog

Anda bisa mempelajari cara membuat artikel SEO On Page ini dengan menerapkan tips berikut:

1. Optimasi Kata Kunci

Cara membuat artikel yang bisa muncul di halaman pencarian Google adalah menggunakan kata kunci yang sesuai dan jelas.

Kata kunci atau keyword adalah hal yang paling penting dalam SEO On Page, pastikan Anda meletakkan kata kunci ini pada bagian-bagian penting artikel, seperti judul, pada setiap paragraf, dan juga meta description

Hal lain yang tak kalah penting adalah membuat kemunculan kata kunci ini bisa melebur dengan artikel yang dibuat sehingga pembaca tetap dapat langsung memahaminya dan artikel Anda tetap memiliki nilai SEO yang tinggi.

Cara membuat artikel seperti ini dinilai cukup ampuh untuk membuat tulisan Anda perlahan bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. 

2. Tag Judul

Seperti yang sudah dijelaskan pada cara membuat artikel sebelumnya, kemunculan keyword pada judul merupakan elemen penting untuk meningkatkan nilai SEO On Page.

Pastikan judul yang dibuat juga menarik perhatian pembaca dan bisa menggambarkan isi artikel secara jelas. Disarankan untuk menggunakan judul yang tidak terlalu panjang, ataupun terlalu pendek, agar mudah dideteksi oleh mesin pencari.

3. Meta Description

Cara agar artikel dapat muncul di halaman awal pencarian adalah menambahkan kata kunci dalam meta description. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, meta description adalah deskripsi singkat berisi potongan informasi dari tulisan Anda.

Meta description bisa ditemukan di bawah tag judul dan URL website. Pastikan Anda menulis informasi yang menarik, sekaligus mengandung kata kunci di dalamnya, agar pembaca tertarik mengunjungi artikel Anda.

Pelajari selengkapnya tentang Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar.

4. Judul dan Deskripsi Gambar

Bagian terakhir yang harus diperhatikan adalah menambahkan judul dan deskripsi pada gambar-gambar yang disematkan dalam artikel.

Pastikan Anda juga memasukkan kata kunci sehingga gambar pada artikel bisa muncul di Google Image. Cara membuat artikel seperti ini cukup efektif untuk mengoptimasi tulisan agar mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Pelajari selengkapnya tentang Cara Optimasi Gambar Pada Website.

Cara Membuat Artikel di WordPress

Berikut ini adalah cara membuat artikel di WordPress yang bisa Anda coba:

  1. Pertama, login ke akun WordPress > klik menu Post di bagian kiri menu bar > klik opsi Tambah Baru.
tambah post baru - cara membuat artikel di wordpress
  1. Selanjutnya, Anda bisa menuliskan judul artikel Anda pada lembar kerja WordPress yang muncul. Pilih topik yang menarik agar artikel dikunjungi oleh banyak orang.
  2. Kemudian, Anda bisa menuliskan isi artikel dengan menerapkan tips optimasi SEO On Page pada penjelasan sebelumnya.
cara membuat artikel di WordPress
  1. Jika Anda ingin menambahkan gambar feature pada tulisan, klik menu bar pada bagian kanan > pilih menu Gambar Unggulan > unggah gambar yang diinginkan.
memilih feature images
  1. Anda juga bisa menambahkan meta description untuk artikel dengan klik menu Kutipan di bagian bawah Gambar Unggulan.
mengisi meta description artikel atau kutipan
  1. Untuk menambahkan gambar dalam paragraf, klik tombol + pada bagian kiri > klik opsi Image > unggah gambar yang diinginkan.
insert gambar
  1. Jika sudah selesai, Anda klik Terbitkan dan secara otomatis tulisan akan terunggah di website.
terbitkan artikel baru - cara membuat artikel di wordpress

Demikian penjelasan mengenai cara membuat artikel di WordPress dari Rumahweb Indonesia. Perlu Anda ketahui jika optimasi SEO On Page harus dilakukan secara rutin dan sistematis.

Hal tersebut karena mesin pencari membutuhkan waktu untuk memindai artikel maupun website Anda, sehingga kualitas konten dalam setiap tulisan harus selalu konsisten.

Untuk mendukung website anda menjadi nomor 1 di Google, gunakan juga SEO Tools yang bisa anda gunakan untuk optimasi SEO pada website. Daftar trial gratis untuk 7 hari, lalu rasakan manfaatnya untuk website Anda. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents