Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Cache Memory dan Bagaimana cara kerjanya

Apa itu Cache Memory dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tahukah bahwa ketika Anda mengakses suatu website, halaman tersebut akan lebih cepat diakses pada kunjungan selanjutnya? Cache memory adalah elemen yang bertanggung jawab atas meningkatnya kecepatan akses ini.

Cache memory bertugas menyimpan semua aktivitas Anda di internet, sehingga ketika Anda mencoba mengunjungi suatu website untuk kedua kalinya, halaman browser akan terasa lebih cepat dimuat.

Lalu apa itu cache memory, fungsi, dan cara kerjanya? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Apa itu Cache Memory?

Secara sederhana, cache memory adalah teknologi yang dapat diumpamakan seperti suatu tempat penyimpanan khusus untuk menampung data dan informasi sementara. Tujuan dari cache memory adalah agar pengguna dapat merasakan akselerasi atau peningkatan kecepatan proses load suatu halaman, pada kunjungan berikutnya.

Fungsi cache ini akan terasa ketika Anda mencoba mengakses suatu halaman website atau aplikasi untuk kedua kalinya. Akselerasi yang cepat ini terjadi karena data website yang masih tersimpan dalam memori. 

Dengan demikian, cache memory dapat diartikan sebagai teknologi komputasi sederhana yang dapat menyimpan dan merespon request data agar dapat segera tereksekusi.Cache memory sendiri memiliki batasan dalam menyimpan data, sesuai dengan ukuran yang telah dialokasikan.

 Jenis Cache Memory

Cache memory dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yang umumnya aktif pada browser, server, network, RAM, dan CPU. Fungsi dari setiap cache ini tidak berbeda, yaitu menyimpan dan membantu inti memori agar mempercepat proses load dan dimuat ke output yang telah ditentukan. Berikut jenis-jenis cache memory:

1. Primary Cache 

Cache utama selalu terletak pada chip prosesor. Ukuran cache ini cenderung kecil dan waktu aksesnya sebanding dengan register prosesor.

2. Secondary Cache 

Cache sekunder ditempatkan di antara cache utama dan sisa memori. Cache Ini juga disebut sebagai cache level 2 (L2). Biasanya, cache Level 2 juga dapat ditempatkan pada chip prosesor.

Pemetaan Cache

Ada tiga jenis pemetaan yang digunakan dalam cache memory, yaitu pemetaan langsung, pemetaan asosiatif, dan pemetaan himpunan-asosiatif. 

1. Pemetaan Langsung

Pemetaan langsung merupakan teknik pemetaan paling sederhana, yang akan memetakan setiap blok memori utama ke dalam satu jalur cache saja. Jika baris sebelumnya diambil oleh blok memori ketika blok baru perlu dimuat, maka blok lama akan dibuang. 

Ruang cache dibagi menjadi dua bagian, bidang indeks dan tag. Cache digunakan untuk menyimpan bidang tag, sedangkan sisanya disimpan di memori utama. Performa pemetaan langsung akan berbanding lurus dengan rasio Hit.

2. Pemetaan Asosiatif

Pemetaan asosiatif dianggap sebagai teknik pemetaan paling cepat dan fleksibel. Pada jenis pemetaan ini, penyimpanan konten dan alamat dari informasi memori dilakukan menggunakan memori asosiatif. Dengan demikian, blok apapun dapat masuk ke baris cache manapun.

Hal ini berarti bahwa id tiap bid dapat digunakan untuk mengidentifikasi kata mana dalam blog yang diperlukan, tetapi tag menjadi semua bit yang tersisa. Hal ini memungkinkan informasi apapun dapat disimpan di sembarang tempat di cache memory.

3. Pemetaan Himpunan-asosiatif

Pemetaan ini merupakan teknik yang disempurnakan dari pemetaan langsung, di mana kekurangan dari pemetaan langsung dihilangkan.

Jenis pemetaan himpunan-asosiatif memungkinkan setiap informasi yang ada dalam cache dapat memiliki dua atau lebih penyimpanan di memori utama, untuk alamat indeks yang sama. Set pemetaan himpunan asosiatif merupakan gabungan terbaik dari teknik pemetaan cache langsung dan asosiatif.

Fungsi Cache Memory

Setelah mengetahui tentang apa itu cache memory, tentu kini Anda sudah punya gambaran tentang fungsi cache memory itu sendiri, bukan?

Untuk membantu Anda memahami berbagai fungsi cache memory, berikut kami sederhanakan klasifikasi fungsi cache memory yang perlu Anda ketahui!

  • Mempercepat proses load data pada perangkat yang digunakan. 
  • Meringankan beban kerja processor, karena cache memory dapat memangkas jalur I/O sebelum menuju ke inti perangkat.
  • Mempercepat kinerja dan performa memori.
  • Menjadi sumber resource tambahan antara CPU dan RAM. 

Cara Kerja Cache Memory

Ketika Anda membuka halaman website di laptop ataupun HP, data penjelajahan Anda akan terekam dalam memori browser.

Browser memiliki local storage yang berfungsi untuk menyimpan data penelusuran, baik URL maupun konten website seperti gambar dan text. Browser akan menyimpan data penelusuran tersebut ke local storage dan mengubahnya menjadi file statistik dalam cache.

Sehingga ketika anda mengunjungi sebuah website yang pernah anda kunjungi sebelumnya, maka browser akan mampu menampilkan websitenya lebih cepat. Hal ini disebabkan karena data diambil dari cache browser yang tersimpan pada local storage, bukan merequest ke data web server tujuannya kembali.

Jadi, setiap kali Anda mengunjungi suatu website, browser akan terlebih dahulu memeriksa status register data. Jika instruksi/data yang diperlukan tidak ada, maka akan browser akan memeriksa dalam cache memory tingkat pertama –L1. Apabila data tidak ada dalam L1, maka selanjutnya browser akan memeriksa ke cache memory tingkat kedua –L2.  

Apabila data ditemukan dalam cache memory, maka data akan diidentifikasi sebagai CACHE HIT.

Sebaliknya, jika data yang dibutuhkan browser tidak ditemukan dalam cache L1 maupun L2, maka data akan diidentifikasi sebagai CACHE MISS, dan akan mengalami penundaan dalam eksekusi, sehingga membuat akses ke halaman tersebut menjadi lebih lambat.

Cara Menghapus Cache Memory

Cache memory memang dapat membantu mempersingkat akses ke suatu halaman. Namun, terkadang cache yang tersimpan di memori, tidak selalu real-time dengan website yang telah mengalami pembaruan halaman. Anda dapat menunggu cache memory terhapus secara otomatis dan membuat data cache baru.

Alternatifnya, Anda juga dapat menghapus cache memory secara manual, dan membuat data cache baru dengan mengakses halaman website yang telah diperbarui.

Berikut beberapa langkah menghapus cache pada browser Google Chrome maupun perangkat laptop/PC dan HP.

Hapus Cache Browser Laptop

  1. Buka browser > pilih menu Settings.
Hapus Cache Browser Laptop - Apa itu Cache Memory adalah
  1. Pada halaman Settings, pilih Security and Privacy.
Security and Privacy
  1. Klik Clear browsing data.
Clear browsing data
  1. Centang pada opsi Cached images and files > Clear data.
Clear data

Cache yang tersimpan dalam browser akan segera terhapus. Berikutnya, tutup browser dan tunggu beberapa saat sebelum menggunakannya kembali.

Hapus Cache Laptop

  1. Klik kanan di logo Windows > pilih File Explorer.
Hapus Cache Laptop - Apa itu Cache Memory adalah
  1. Klik kanan pada Disk (C:)  > pilih Properties.
pilih Properties
  1. Pada menu Properties, pilih Disk Cleanup > klik Clean up system files > OK.
Clean up system files

Proses penghapusan file system akan segera berlangsung. Apabila sudah selesai, akan muncul menu Disk Cleanup for Windows (C:) yang kedua kali.

Disk Cleanup for Windows

Setelah tampilan diatas muncul kembali, silahkan centang file cache yang ingin bersihkan kemudian klik tombol OK.

Hapus Cache Browser HP

  1. Buka browser > klik menu Settings.
Hapus Cache Browser HP - Apa itu Cache Memory adalah
  1. Pada halaman Settings, pilih Security and Privacy.
Security and Privacy.
  1. Klik Clear browsing data.
Clear browsing data
  1. Centang opsi Cached images and files > Clear data.
Clear data

Setelah membersihkan cache memory, silahkan tutup browser untuk beberapa saat sebelum menggunakannya kembali.

Hapus Cache HP

  1. Buka aplikasi File Manager > Clean up.
Hapus Cache HP - Apa itu Cache Memory adalah
  1. Klik tombol Bersihkan.
Bersihkan
  1. Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke tampilan untuk melakukan seleksi berkas cache yang ingin dihapus.
pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya

Pilih opsi atau aplikasi yang ingin dibersihkan, kemudian klik tombol Bersihkan sekali lagi untuk memulai proses penghapusan cache.

Kesimpulan

Cache memory adalah teknologi yang digunakan untuk tempat penyimpanan data dan informasi sementara. Tujuannya, agar pengguna lebih cepat dalam mendapatkan informasi maupun proses yang dijalankan.

Ketika anda mengakses suatu website maupun aplikasi untuk yang kedua kalinya, anda akan merasakan akan terasa lebih cepat karena bantuan cache memory yang tersimpan pada local storage browser/PC/HP yang digunakan.

Namun penyimpanan cache memory ini juga bisa menyebabkan akses ke website atau aplikasi menjadi gagal, bahkan sering kali perubahan data di website atau aplikasi tidak berubah secara realtime. Karenanya, disarankan untuk menghapus cache pada browser atau device dalam periode tertentu.

Bagi anda yang membutuhkan hosting dengan dukungan Cache yang handal, percayakan pada layanan Cloud Hosting Rumahweb yang telah didukung dengan multilayer caching sehingga website anda bisa diakses secara lebih cepat.

Itulah tadi pembahasan kami tentang cache memory. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cache memory!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Fredric Lesomar