Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Brosur Adalah - Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apa itu Brosur? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Brosur adalah salah satu media yang sering digunakan untuk promosi. Brosur dapat ditemukan di berbagai tempat. Misalnya di supermarket, bazaar, hingga di jalanan, terutama di sekitar lampu lalu lintas.

Di era digital seperti saat ini, ternyata brosur masih populer digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk mereka. Apa itu brosur, apa fungsinya, apa bedanya dengan pamflet? Semua pertanyaan ini akan terjawab dalam artikel dari Rumahweb berikut!

Apa Itu Brosur

Brosur adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan atau mengiklankan produk, layanan, hingga kampanye tertentu. Kata brosur berasal dari bahasa Prancis “brocher” yang artinya menjahit. Jadi secara harfiah, brosur adalah karya yang dijahit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brosur adalah (1) bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem. (2) cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid. (3) selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan atau organisasi).

Brosur biasanya berbentuk buklet kecil atau kertas lipat berisi detail singkat tentang produk, layanan, atau kampanye yang dipromosikan. Brosur seringkali memuat ilustrasi yang ditambah teks pendukung untuk menarik perhatian pembaca. 

BACA JUGA: Apa Itu Iklan Baris Beserta Fungsi dan Contohnya

Fungsi Brosur

Setelah mengetahui apa itu brosur, tentu cukup tergambarkan apa fungsi dari alat pemasaran tersebut. Beberapa fungsi brosur adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Informatif

Brosur berfungsi sebagai media untuk menginformasikan suatu brand atau perusahaan kepada audiens. Informasi yang diberi berkaitan dengan presentasi perusahaan, produk atau layanan baru, hingga perubahan nama perusahaan.

2. Fungsi Iklan

Fungsi iklan menunjukkan bahwa brosur juga digunakan sebagai alat promosi atau iklan. Brosur digunakan untuk menarik perhatian audiens terkait produk atau jasa yang sedang dipasarkan.

3. Fungsi Identifikasi

Fungsi satu ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan karakteristik perusahaan melalui gaya penyajian. Misalnya, pencantuman logo, pemilihan tipografi dan warna yang selalu sama di semua brosur, bisa menjadi karakter perusahaan Anda.

Jadi, ketika melihat warna, tipografi, atau logo yang ada di brosur, audiens sudah mengidentifikasi kalau itu adalah brosur perusahaan Anda

Perbedaan Brosur dan Pamflet

Banyaknya media informasi yang serupa terkadang membuat audiens merasa bingung. Sebagai contoh, brosur dan pamflet. Banyak yang akhirnya tidak bisa membedakan mana brosur dan mana pamflet. Padahal, kedua alat promosi ini cukup berbeda.

Perbedaan pamflet dan brosur adalah dari segi bentuk. Pamflet berisi kalimat persuasi yang mengajak pembaca melakukan sesuatu. Sedangkan brosur berisi informasi yang unik, singkat, dan mudah untuk dipahami.

Selain dari segi bentuk, hal lain yang membedakan pamflet dan brosur adalah tujuan. Pamflet memiliki tujuan untuk menginformasikan suatu hal, sedangkan brosur memiliki tujuan mempromosikan atau menjual produk/jasa perusahaan.

Aplikasi untuk Membuat Brosur

Jika Anda baru saja mulai berbisnis, brosur dapat menjadi media promosi produk/layanan bisnis yang sesuai dan mudah dibuat. Bahkan Anda bisa membuat brosur sendiri di rumah!

Beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat brosur adalah:

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain yang bisa digunakan untuk membuat brosur. Jika Anda belum terbiasa membuat brosur, Anda bisa menggunakan template yang ada karena Canva sudah menyediakannya.

Anda juga tak perlu membayar biaya apapun, kecuali ketika Anda ingin menggunakan beberapa stok gambar atau template Pro. 

2. VistaCreate

Aplikasi lain yang bisa dicoba untuk membuat brosur adalah VistaCreate. Aplikasi ini juga menyediakan banyak template brosur yang bisa dipilih dan dimodifikasi sesuai keinginan.

VistaCreate cocok digunakan untuk bisnis, karena menawarkan fitur BrandKit. Dengan fitur ini Anda akan mendapatkan logo, warna, font, dan item khusus untuk keperluan brand Anda.

Membuat brosur di VistaCreate juga tak kalah mudah. Sayangnya, ukuran brosur pada VistaCreate sudah ditentukan. Jika ingin mengubahnya, Anda perlu beralih ke versi premium.

3. Visme

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat brosur adalah Visme. Aplikasi ini terbilang praktis karena memiliki template mockup untuk brosur. Anda juga bisa menambahkan teks, call to action, serta memilih font yang sesuai.

4. Pixlr X

Pixlr X tergolong aplikasi pembuat brosur profesional. Anda bisa membuat brosur dari nol, mulai dari menambahkan teks, gambar, animasi, efek, hingga elemen yang ingin digunakan.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, sehingga cocok untuk digunakan jika ingin mengeksplor kemampuan di bidang editing.

5. Desygner

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat brosur adalah Desygner. Selain jutaan pilihan layout, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan lain, seperti menyediakan gambar profesional yang gratis digunakan. Penggunaan aplikasinya juga cukup mudah dengan berbagai fitur menarik.

BACA JUGA: Contoh Brosur yang Menarik dari Brand-Brand di Dunia

Syarat Brosur yang Baik

Tidak hanya bentuknya yang menarik, brosur yang baik tentu akan membuat promosi menjadi jauh lebih efektif. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat brosur, antara lain:

1. Singkat Tetapi Informatif

Brosur harus menampilkan pesan singkat yang langsung membawa calon pelanggan kepada inti pesan. Jadi, informasi yang tersaji harus benar-benar penting, dan terkait dengan produk/layanan.

2. Judul Menarik

Dengan menggunakan judul yang menarik, audiens akan penasaran untuk membaca keseluruhan isi brosur. Buatlah judul yang memancing rasa penasaran tersebut, misalnya,“Ingin langsing dalam 1 bulan tanpa efek samping?”.

3. Mencantumkan Kelebihan Produk

Tidak hanya berisi penawaran, brosur yang baik akan mencantumkan detail benefit produk/layanan yang dipromosikan. Hal ini tentu akan lebih menarik calon pelanggan dibanding hanya menawarkan produknya saja.

4. Berisi Call to Action (CTA)

Kalimat ajakan atau Call to Action (CTA) juga harus dicantumkan dalam brosur. Kalimat singkat ini bertujuan memengaruhi atau mengajak calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Sebagai contoh, “Produk Terbatas!”, “Jangan sampai kehabisan!”, “Pesan sekarang!”, dan masih banyak lagi.

5. Berisi Informasi yang Relevan

Syarat brosur yang baik terakhir adalah memuat informasi terkait produk/layanan yang dipromosikan. Beberapa informasi yang relevan ini misalnya, nomor telepon, alamat email, atau link yang bisa dikunjungi untuk melakukan pembelian atau mendapatkan informasi lebih lanjut.

Contoh Brosur

Untuk lebih memahami tentang brosur, berikut Rumahweb cantumkan salah satu contoh brosur makanan yang baik dan menarik:

contoh brosur makanan

Sumber: Canva

Simak juga berbagai contoh brosur menarik dari brand-brand di dunia pada artikel satu ini: Contoh Brosur yang Menarik dari Brand-Brand di Dunia

Cara Membuat Brosur

Apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat brosur sendiri? Anda bisa membuatnya secara offline atau online. Bahkan Anda bisa membuatnya melalui HP!

BACA JUGA: Cara Membuat Brosur yang Baik dengan Pesan yang Tersampaikan

Brosur Online (Website)

Selain membuatnya melalui aplikasi, Anda juga bisa membuat brosur secara online melalui berbagai situs pembuat brosur. Beberapa situs atau website untuk membuat brosur adalah:

1. Befunky

Situs pertama yang dapat digunakan untuk membuat brosur adalah Befunky. Situs editing foto ini sudah menyediakan berbagai template brosur gratis. Befunky juga termasuk ramah untuk pemula, dengan berbagai fitur yang mudah digunakan.

2. Adobe Express

Selain Befunky, situs lain untuk membuat brosur adalah Adobe Express. Pembuatan brosur melalui situs ini juga terbilang cukup mudah. Apalagi sudah tersedia banyak template gratis.

Anda hanya perlu memilih salah satu template yang diinginkan, lalu memodifikasinya menjadi brosur yang sesuai dengan produk bisnis Anda.

3. Venngage

Situs terakhir ini ini juga bisa diandalkan untuk membuat brosur. Anda bisa membuatnya dari nol, atau menggunakan template yang sudah ada.Venngage menyediakan beragam template, mulai dari brosur bi-fold dan tri-fold.

Seiring perkembangan zaman, kini ada banyak media promosi lain yang menarik untuk dicoba, salah satunya landing page, yang memiliki jangkauan pemasaran lebih luas. Anda juga tak perlu khawatir jika tidak memiliki materi atau tidak dapat membuat website, karena Rumahweb menawarkan layanan jasa pembuatan website.

Dengan harga mulai dari Rp49.000/bulan, Anda sudah bisa memiliki website tanpa perlu bersusah payah menyusunnya dari awal. Rumahweb juga menawarkan jasa copywriting bagi Anda yang belum memiliki materi. Menarik, bukan? Akses link berikut untuk informasi lebih lanjut: Jasa Pembuatan Website Instan

Brosur adalah salah satu media pemasaran yang masih banyak digunakan sampai sekarang. Itulah penjelasan mengenai apa itu brosur, fungsi, hingga rekomendasi aplikasi atau situs untuk membuat brosur dari Rumahweb. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb