Rumahweb Blog
banner blog - bagaimana membangun sebuah blog yang sukses

Bagaimana Membangun Blog Yang Sukses

Blogging adalah salah satu hobi yang banyak dilakukan oleh generasi milenial. Ketika internet belum meledak, dulu orang-orang menulis ide-ide atau catatan hidup mereka di dalam buku diari. Kini, orang bisa dan lebih mudah menuliskan segala hal yang menjadi minatnya dalam sebuah platform bernama website blog.

Berbeda dengan buku diari, website blog bisa diakses dan dibaca oleh pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Ketika website blog Anda populer dan memiliki pengjung dalam jumlah yang besar, website blog Anda bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Lalu apa kiat-kiat atau tips untuk membangun blog yang sukses? Pada artikel kali ini kami mencoba membahas tentang bagaimana membangun sebuah blog yang sukses.

1. Menentukan Topik Blog

Tahapan paling awal untuk membangun sebuah blog yang sukses adalah menentukan topik blog. Blog yang sukses kebanyakan adalah blog yang konsisten membahas satu topik secara mendalam. Apabila Anda memiliki minat pada berbagai bidang, tentukan dulu topik dari blog yang akan Anda tulis. Pilihlah topik di mana Anda benar-benar memiliki wawasan atau kompetensi yang baik.

2. Menentukan Platform

Ada banyak pilihan platform yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun blog. Anda bisa memanfaatkan platform gratis seperti Blogspot. Apabila menginginkan platform dengan fitur yang lebih advanced, Anda bisa mempergunakan membeli layanan domain dan hosting, lalu mempergunakan WordPress. Rumahweb Indonesia memiliki produk WordPress Hosting yang dikhususkan untuk membangun website berbasis WordPress.

3. Tentukan Tim Penulis dan Administator Blog

Kalau Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa menjadi penulis merangkap administrator yang mengelola blog Anda. Namun ketika Anda cukup sibuk dengan rutinitas lain, Anda tidak perlu ragu untuk merekrut penulis artikel dan administrator blog.

4. Menulis Dengan Menarik dan Bernilai

Konten utama dari sebuah blog adalah tulisan. Ketika blog Anda ditulis dengan menarik, maka pembaca akan menikmatinya dan akan terus mengunjungi blog Anda.

Selain menarik, usahakan konten blog yang Anda tulis memiliki nilai yang bisa diambil oleh pembacanya. Perpaduan dari penulisan yang menarik dan konten yang bernilai akan membuat blog Anda terkenal sehingga menarik lebih banyak pembaca.

5. Desain Yang Menarik

Selain konten, desain antarmuka atau visual blog yang menarik juga akan menarik banyak mengunjung. Pastikan template dari platform blog yang Anda gunakan sudah responsif dan mampu menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

6. Atur Jadwal Publish Blog

Penjadwalan yang teratur akan membantu blog Anda terindeks dengan lebih baik oleh mesin pencari. Usahakan Anda bisa mempublish blog Anda dalam frekuensi yang teratur, semisal sehari sekali, seminggu tiga kali, dan seterusnya, tergantung dari ketersediaan konten.

7. Konsisten

Konsistensi adalah kunci utama kesuksesan sebuah blog. Kalau Anda ingin membangun blog yang populer, maka Anda harus bisa menjaga konsistensi dalam menulis konten. Menggunakan jasa penulis artikel adalah langkah yang bisa Anda lakukan, apabila Anda sedang sibuk atau belum menemukan ide baru untuk ditulis dalam blog.

 

Kesimpulan

Apabila Anda berniat membangun blog yang sukses dan tidak sekedar menyalurkan ide atau uneg-uneg, konsistensi adalah kunci utama. Poin-poin yang kami sampaikan bisa Anda ikuti sebagai landasan utama supaya blog Anda memiliki peluang lebih besar untuk sukses. Akhir kata, selamat ngeblog dan semoga sukses.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi