Rumahweb Blog
Banner - Bagaimana Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan

Bagaimana Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan

Iklan menjadi salah satu istilah yang tidak asing lagi. Tahukah Anda bahwa iklan tidak hanya diartikan sebagai bentuk promosi agar seseorang membeli suatu produk atau jasa saja? Berikut kami jelaskan bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan!

Fungsi utama iklan adalah menyebarkan informasi terkait produk atau jasa. Iklan biasanya disampaikan melalui media massa, baik media cetak, elektronik, maupun media online. Selain mendorong dan mempengaruhi keputusan khalayak untuk membeli produk atau menggunakan jasa, fungsi iklan secara umum adalah:

  1. Memberikan informasi terkait produk dan jasa, sekaligus berguna untuk membangun citra perusahaan.
  2. Membangun kesadaran terkait produk, jasa, atau perusahaan itu sendiri (brand awareness).
  3. Iklan akan membuat orang terus mengingat produk terkait (khususnya bagi brand yang sudah terkenal).

Secara garis besar, iklan terbagi dalam dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. Iklan komersial adalah promosi untuk membuat audiens membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Sedangkan iklan non-komersial ditujukan untuk memberi informasi, imbauan, edukasi, hingga sosialisasi program.

Dari kedua jenis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan fungsi iklan sesuai dengan pengiklan, misalnya pemerintah dan perusahaan. Lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah

Fungsi iklan bagi pemerintah biasanya bersifat edukasi, imbauan, atau sosialisasi program. Hal ini berarti iklan dari pemerintah masuk ke dalam jenis iklan non-komersil yang berisi ajakan untuk mendukung atau berpartisipasi dalam program pemerintah.

Selain ajakan mendukung atau berpartisipasi dalam program pemerintah fungsi iklan bagi pemerintah dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menginformasikan kinerja pemerintah.
  2. Mengedukasi masyarakat tentang peraturan lalu lintas.
  3. Mengimbau masyarakat menaati peraturan.
  4. Mempromosikan tempat wisata.
  5. Mengedukasi masyarakat terkait program kesehatan.
  6. Menginformasikan layanan kesehatan masyarakat.
  7. Mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
  8. Mengingatkan masyarakat tentang hak dan kewajiban.

Salah satu contoh iklan ini misalnya, pada awal pandemi Covid-19 lalu, muncul iklan bertajuk #dirumahaja. Iklan ini berisi imbauan dari pemerintah agar masyarakat tetap di rumah, guna mengurangi penyebaran Covid-19.

Mulai dari media cetak, elektronik, hingga online, tagar #dirumahaja menjadi salah satu imbauan yang cukup populer untuk mengajak masyarakat tidak keluar rumah atau berkumpul dan membuat keramaian.

Berikut salah satu poster iklan yang didistribusikan melalui media online:

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah

Fungsi Iklan Bagi Perusahaan

Berbeda dari pemerintah, fungsi iklan bagi perusahaan tentu lebih beragam. Secara umum, iklan bagi perusahaan merupakan salah satu media promosi untuk menarik perhatian pelanggan, dan mendorong mereka untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang diiklankan.

Selain fungsi di atas, berikut fungsi lain iklan bagi perusahan:

  1. Membuat produk selalu diingat atau tidak mudah dilupakan.
  2. Produk dikenal lebih luas.
  3. Menarik minat pelanggan.
  4. Menumbuhkan keinginan untuk membeli barang atau menggunakan jasa.
  5. Mendorong konsumen untuk merekomendasikan produk pada orang terdekatnya.
  6. Memberikan nilai tambah pada produk.
  7. Menginformasikan produk yang diluncurkan oleh perusahaan.

Salah satu contoh iklan dari perusahaan dengan tujuan untuk menginformasikan produk yang diluncurkan adalah iklan dari Rumahweb berikut:

Fungsi Iklan Bagi Perusahaan

Meskipun memiliki perbedaan fungsi dan tujuan, namun kesimpulannya adalah iklan menjadi salah satu sarana komunikasi yang dinilai efektif. Pemerintah maupun perusahaan bisa meningkatkan kesadaran atau awareness masyarakat melalui iklan terkait kepentingan masing-masing. 

Karena itulah, iklan harus memiliki unsur-unsur penting, seperti mudah diingat, menarik perhatian, dan informatif. Jangan lupa, gunakan bahasa dan ilustrasi yang mudah dipahami, sehingga pesan dari iklan tersebut bisa sampai pada audiens. 

Demikian artikel dari Rumahweb tentang bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan, Semoga artikel ini membantu anda untuk memahami jenis iklan beserta fungsinya, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing