Rumahweb Blog
Banner - Apa itu ASP Adalah - Pengertian, Fungsi hingga Cara Belajarnya

Apa itu ASP? Pengertian, Fungsi hingga Cara Belajarnya

Active Server Pages .NET atau kerap disingkat ASP NET adalah script yang ditambahkan pada program HTML (hypertext markup language). ASP adalah bahasa pemrograman yang wajib Anda pelajari jika ingin mempercantik tampilan desain suatu website.

Secara fungsi, ASP adalah bahasa pemrograman yang berperan sebagai server side pada program sistem HTML. ASP memudahkan programmer dalam menentukan desain situs website. Hal ini penting karena pengunjung menyukai website dengan tampilan desain yang menarik.

Penasaran dengan ASP NET? Lebih jauh, Rumahweb akan mengajak Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang pengertian, fungsi hingga cara belajarnya. Simak selengkapnya!

Apa itu ASP?

ASP adalah bahasa pemrograman ciptaan Microsoft yang mengombinasikan server-side scripting dan HTML untuk memudahkan programmer dalam membuat aplikasi web server. Dengan ASP, dapat tercipta halaman web yang dinamis (dynamic pages).

Program ASP NET bisa bekerja pada semua web browser, lantaran bersifat server side scripting. Server-side scripting adalah semua proses program yang dilakukan pada sisi server, sementara client cukup menerima hasil dalam bentuk HTML.

Jadi, permintaan file ASP NET akan diproses terlebih dulu oleh server, lalu yang akan dikirim hanyalah kode-kode HTML.

Jika Anda amati, Anda akan mendapati bahwa ASP adalah bahasa pemrograman yang mempunyai syntax dan interface layaknya Visual Basic.Hal ini karena Visual Basic memang memiliki hubungan dengan ASP. Selain itu keduanya juga menjadi program rilisan Microsoft.

Dapat dikatakan bahwa, ASP adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Anda cukup mengenal HTML dan VBScript lebih dahulu sebagai modal. Selanjutnya, Anda dapat membuat aplikasi web yang dinamis setelah mempelajari ASP NET.

Jika ingin menggunakan ASP NET, Anda memerlukan setidaknya sebuah text editor atau tools web development lain, seperti Homesite, Visual Interdev, Dreamweaver, dan sebagainya. Script ASP pada file ASP akan ditandai dengan awal tag <% dan diakhiri dengan tag %>. Kode VBScript diletakkan di antara kedua tag tersebut.

Program ASP NET beroperasi menggunakan produk Microsoft bernama IIS, atau Internet Information Server. ASP dapat menampilkan isi halaman yang berbeda, sesuai dengan tujuan pemrogramannya. Hal ini berkebalikan dengan HTML yang menampilkan isi yang statis saja.

BACA JUGA: Apa itu HTML? Arti, Contoh dan Tutorial Untuk Pemula

Fungsi ASP

Secara kegunaan, ASP adalah jenis pemrograman yang bisa menulis kode untuk memfasilitasi fungsinya pada website. Fungsi ASP termasuk pengiriman konten dinamis, database-driven untuk visitor website tanpa membebani sistem server-side.

Pendek kata, ASP adalah jenis pemrograman yang berfungsi sebagai server side pada program sistem HTML untuk mempercantik desain situs website.

Pemrograman ASP melibatkan pengkodean di JScript, Visual Basic Script, Python, Perl, atau bahasa pemrograman lainnya. Penambahan tertentu bisa saja diperlukan. Meski demikian, programmer yang sudah menulis kode menggunakan bahasa lain akan menemukan pemrograman ASP.

Dua bahasa yang mendukung untuk pemrograman ASP adalah JScript dan VBScript.

Tujuan dari mempercantik desain situs website adalah untuk mendongkrak interaksi serta jumlah pengunjung. Tampilan desain yang kurang menarik tentu tidak disukai oleh pengunjung. Penggunaan ASP pada program HTML akan memudahkan programmer dalam menentukan desain website

Keberadaan ASP adalah upaya untuk menawarkan akses pemakaian aplikasi melalui sarana internet kepada pengguna, baik secara individu maupun perkantoran. Karena pada dasarnya ASP adalah sebuah ISV (Independent Software Vendor) atau ISP yang memanfaatkan internet. Tujuannya adalah untuk menjadi sarana penyampaian agar aplikasinya dapat berfungsi dengan baik.

ASP NET relatif lebih murah lantaran perangkat keras, backup, dan infrastruktur keamanan dapat ditanggung bersama-sama oleh beberapa pelanggan sekaligus. Selain itu, kontrol terhadap perangkat lunak dan perangkat keras juga dilakukan secara terpusat. Hal ini tentu memudahkan proses pembaruan dan maintenance data.

BACA JUGA: Bahasa Pemrograman: Definisi, Fungsi, Macam, dan Contohnya

Kelebihan dan Kekurangan

Masing-masing bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. ASP adalah bahasa pemrograman yang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan bila diterapkan dalam sebuah website.

Kelebihan:

  • ASP NET adalah managed code yang berjalan pada virtual machine dari Microsoft yang dinamakan Common Language Runtime (CLR).
  • Intermediate Language atau IL merupakan bahasa yang dikenali oleh CLR, dan .NET adalah compiled code menjadi IL.
  • ASP NET dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang mendukung .NET Framework.
  • Pembuatan aplikasi web ASP NET memakai VS NET cukup efisien dan memangkas waktu pembuatan aplikasi. Hal tersebut dapat terjadi karena ASP.NET mempunyai arsitektur web forms yang mempercepat development. Ditambah lagi dengan integrasi serta dukungan tools Visual Studio .NET yang sangat bagus.

Kekurangan:

  • Hanya dapat berjalan di platform Microsoft.
  • Berbayar, atau tidak bersifat open source.

Daftar aplikasi untuk membuat pemrograman ASP

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi berbasis ASP.NET.

  • Visual Studio: Ini adalah IDE resmi dari Microsoft untuk pengembangan ASP.NET, yang merupakan evolusi dari ASP klasik. Visual Studio menyediakan alat dan fitur khusus untuk pengembangan aplikasi web dengan ASP.NET.
  • Sublime Text: Editor teks ini populer di kalangan pengembang web dan dapat digunakan untuk mengedit kode ASP dengan dukungan sintaksis yang baik.
  • Eclipse: Meskipun lebih dikenal untuk pengembangan Java, Eclipse juga dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi web dengan ASP jika Anda mengkonfigurasi plugin yang sesuai.
  • Notepad++: Ini adalah editor teks sederhana yang memiliki banyak fitur tambahan untuk pengembangan bahasa pemrograman, termasuk dukungan untuk ASP.
  • JetBrains Rider: Ini adalah IDE alternatif yang kuat yang mendukung pengembangan aplikasi web dengan ASP.NET.
  • Komodo IDE: Editor ini memiliki dukungan untuk bahasa pemrograman ASP dan sejumlah fitur pengembangan yang berguna.
  • Aptana Studio: Aptana Studio adalah IDE khusus untuk pengembangan web yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan ASP.

Belajar ASP

ASP adalah platform yang sangat fleksibel dengan permintaan kebutuhan yang terus meningkat. Hanya saja, setidaknya Anda membutuhkan modal pernah menggunakan Java atau C ++ sebagai dasar. Jika bahasa pemrograman tersebut sudah pernah Anda pelajari, maka ASP NET akan menjadi platform yang bermanfaat dan menyenangkan untuk dikembangkan.

Anda tertarik untuk mempelajari ASP NET? Pada bagian ini Rumahweb akan mengajak Anda mempelajari ASP NET melalui contoh bahasa pemrogramannya. Tujuan dari studi kasus ini untuk mengetahui dan menunjukkan jumlah pengunjung dari situs website tertentu.

Contoh bahasa pemrograman ASP dasar adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
</head>
<body>
<p>
There are <%response.write(Application(“visitors”))%>
online now!
</p>
</body>
</html>

BACA JUGA: Coding Adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Mempelajarinya

Kesimpulan

ASP adalah bahasa pemrograman ciptaan Microsoft yang mengombinasikan server-side scripting dan HTML untuk memudahkan programmer dalam membuat aplikasi web server. Sehingga dapat tercipta suatu halaman web yang dinamis (dynamic pages).

Pemrograman ASP melibatkan pengkodean di JScript, Visual Basic Script, Python, Perl, atau bahasa lainnya. Penambahan tertentu bisa saja diperlukan. Meski demikian, programmer yang sudah menulis kode menggunakan bahasa lain akan menemukan pemrograman ASP. Dua bahasa yang mendukung untuk pemrograman ASP adalah JScript dan VBScript.

Jadi, dapat dikatakan bahwa ASP adalah bahasa pemrograman yang dapat dipakai untuk mempercantik desain situs website. Demikian artikel kami tentang pengertian ASP NET, fungsi hingga cara belajarnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.