Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Artikel adalah Pengertian, Contoh dan Cara membuatnya

Apa itu Artikel? Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Artikel adalah istilah yang sudah tidak asing. Sebelum internet banyak digunakan, artikel tersedia di surat kabar, majalah, maupun buku. Namun saat ini, Anda juga bisa mengakses artikel secara bebas dan luas di internet.

Biasanya, artikel yang banyak tersedia di internet berisi informasi berita maupun gagasan si penulis. Saat ini, menulis artikel juga bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan, bila dilakukan dengan serius.

Namun, Anda perlu mempelajari ilmu-ilmu dasar sebelum terjun langsung menulis artikel. Jika Anda ingin menjadi penulis artikel, sebaiknya pahami dulu informasi penting seputar artikel dari Rumahweb Indonesia berikut ini, mulai dari pengertian, contoh, struktur, hingga langkah-langkah membuat artikel.

Apa Itu Artikel?

Berdasarkan KBBI, artikel adalah karya tulis lengkap, seperti laporan berita, esai dalam majalah, surat kabar, dan sejenisnya. Secara umum, artikel bisa diartikan sebagai sebuah karya tulis berisi gagasan, ide, pendapat, atau informasi yang sedang dibicarakan oleh masyarakat.

Artikel adalah jenis karya tulis yang banyak ditemui dalam keseharian, baik secara akademik maupun non-akademik. Tujuan umum dari dibuatnya suatu artikel adalah untuk mendidik, menginformasikan, dan menghibur pembacanya. Biasanya, artikel dipublikasikan melalui website atau media digital lainnya.

Jenis Artikel

Ada berbagai jenis artikel yang dapat ditulis. Berdasarkan isi tulisan, artikel dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut:

Promo Hosting Murah Rumahweb

1. Artikel Ringan

Artikel ini biasanya berisi tentang informasi yang ringan yang dikemas oleh penulis dengan gaya menghibur, atau disisipi dengan humor. Tujuan dari artikel ini agar pembaca merasa senang, terhibur, dan paham dengan isi artikel tersebut.

2. Artikel Praktis

Artikel praktis adalah artikel yang cenderung naratif dan pesan yang ditulis di dalamnya diurutkan berdasarkan waktu atau peristiwa yang terjadi. Janis artikel ini dapat ditemui di berbagai media digital.

Contoh dari artikel praktis misalnya tutorial untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari artikel praktis adalah untuk memberikan informasi pada pembaca sebagai petunjuk dalam melakukan suatu hal.

3. Artikel Opini

Tahukah Anda, saat ini juga banyak artikel yang dibuat berdasarkan opini penulis. Artikel jenis ini disebut artikel opini. Artikel opini berisi pendapat si penulis tentang sebuah peristiwa atau informasi.

Tujuan dari opini artikel adalah mengutarakan pendapat yang netral dan kritis dengan pemaparan atau bukti yang ditulis.

Biasanya jenis artikel ini dimunculkan pada surat kabar saja. Namun kini banyak media digital yang menyediakan tempat untuk mengunggah artikel opini bagi pembaca, salah satu yang paling populer adalah Kompasiana.

4. Artikel Analisis Ahli

Jenis artikel keempat adalah analisis ahli. Artikel satu ini bisa dibilang menjadi artikel yang paling serius dari 3 jenis artikel lainnya.

Tujuan umum dari dibuatnya artikel adalah untuk mempublikasikan sebuah hasil penelitian yang sudah dilakukan. Contoh dari artikel analisis adalah skripsi, tesis, atau jenis penelitian lainnya.

5. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi biasa ditulis untuk membuat gambaran dari suatu hal agar dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Tujuan umum artikel adalah untuk menjelaskan secara detail dan gamblang sebuah topik, contohnya seperti tips dalam memilih barang.

Contoh Artikel

Setelah memahami tentang artikel dan berbagai jenisnya, berikut Rumahweb sematkan salah satu artikel deskripsi dari Rumahweb Indonesia. Contoh artikel adalah sebagai berikut:

Apa Itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerjanya

Metaverse menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan di seluruh dunia sejak akhir tahun 2021. Singkatnya, metaverse adalah internet dalam bentuk 3D, yang memungkinkan orang-orang saling berinteraksi di dunia maya layaknya di kehidupan nyata

Metaverse sendiri pertama kali dicetuskan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sebagai langkah rebranding perusahaannya menuju dunia virtual masa depan.  Ingin tahu lebih lanjut tentang Metaverse? Yuk, baca artikel selengkapnya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah sebuah dunia virtual 3D berisi avatar para penggunanya di dunia nyata. Di Metaverse, Anda bisa menjadi siapapun dan bertemu dengan pengguna lain dari seluruh dunia.

Bisa dikatakan, Metaverse adalah bentuk selanjutnya dari media sosial. Anda bisa melakukan berbagai hal di Metaverse. Mulai dari bermain game, menonton konser, melakukan jual beli, bahkan bekerja.

Baca Selengkapnya disini: Apa itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerjanya

Struktur Artikel

Selain memahami berbagai jenis artikel dan contohnya, Anda juga mengetahui struktur artikel yang baik. Beberapa struktur yang harus diperhatikan dalam artikel adalah:

1. Pembuka

Tujuan dari bagian pembuka pada artikel adalah untuk mengenalkan pembaca mengenai topik artikel yang akan dibahas.

2. Isi

Hal yang harus ditulis dari bagian isi pada artikel adalah pemaparan secara jelas mengenai topik yang akan dibahas. Anda bisa membaginya menjadi beberapa sub judul yang runtut, untuk memudahkan pembaca dalam memahami artikel.

3. Penutup

Bagian penutup dalam sebuah artikel yaitu kesimpulan dari poin-poin utama yang Anda tulis dalam sebuah paragraf singkat.

Untuk lebih mudah memahami struktur artikel, simak contoh struktur artikel yang baik di WordPress berikut.

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Jika sudah memahami struktur dan jenis artikel, maka Anda sudah hampir siap untuk mulai mencoba menulis artikel. Berikut kami rangkum cara membuat artikel yang baik:

1. Tentukan Tema & Judul

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menulis artikel adalah menentukan tema. Setelah selesai memilih tema, selanjutnya Anda bisa membuat judul yang menarik untuk artikel tersebut.

Jangan lupa untuk menggunakan judul yang jelas. Biasanya judul yang baik terdiri atas 4-9 kata saja.

2. Uraikan Tema dengan 5W+1H

Langkah selanjutnya dalam menulis artikel adalah menguraikan topik-topik yang ingin dibahas menjadi subheading (sub judul) pada artikel. Biasanya, satu artikel terdiri atas 300-1500 kata.

Dalam proses penulisan, Anda bisa membagi sesuai dengan 5W+1H (What, Why, Where, When, Who, How) agar artikel yang ditulis memiliki informasi lengkap. 

3. Buat Kesimpulan

Terakhir, Anda dapat menambahkan paragraf kesimpulan dalam artikel yang ditulis. Fungsi dari paragraf ini dalam artikel adalah untuk merangkum secara singkat poin-poin penting dari artikel yang ditulis, sehingga pembaca bisa lebih mudah memahami isi artikel.

Baca juga : Cara Membuat Postingan di WordPress Terbaru

Itu dia penjelasan mengenai artikel dari Rumahweb Indonesia! Selanjutnya agar artikel anda dapat dibaca oleh banyak orang, maka buatlah Blog atau Website yang memuat artikel anda.

Di Rumahweb, membuat Blog atau Website tak sesulit membuat artikel. Cukup membeli domain dan hosting, lalu aktifkan website builder atau install WordPress melalui control panel, anda sudah bisa mengonlinekan artikel anda dengan sangat mudah. Mau tahu mudahnya bikin blog atau website bagaimana? kepoin Youtube-nya Rumahweb atau tanya jawab melalui livechat dengan Customer Service kami. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb