Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Technical SEO

Apa itu Technical SEO?

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar tentang search engine optimization atau SEO? Mungkin jawabannya akan langsung tertuju pada pemanfaatan kata kunci di suatu halaman website. Meskipun tidak salah, namun sebenarnya SEO bukan hanya sekedar tentang pemanfaatan kata kunci di website. Ada berbagai strategi SEO yang dapat diaplikasikan, salah satunya adalah technical SEO.

Sederhananya, technical SEO adalah proses optimalisasi berbagai aspek teknis di sebuah website, yang dapat mengakibatkan meningkatnya peringkat halaman tersebut di mesin pencari. Dengan technical SEO, Anda dapat membuat akses website lebih cepat, serta lebih mudah di-crawl dan dipahami oleh mesin pencari.

Ada lebih dari 100 poin yang dapat digunakan untuk mengevaluasi technical SEO suatu website. Namun, apa saja poin penting yang harus dimiliki oleh suatu website? Berikut 5 hal yang harus ada di website Anda terkait technical SEO:

1. Menggunakan Google Search Console

Google Search Console adalah tool yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki Google search performance suatu website. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan antara lain check indexing status, fix issues, dan measure website’s performance.

2. Melakukan Instalasi SSL

Mesin pencari, seperti Google, memprioritaskan keamanan sebagai salah satu unsur penilaian untuk sebuah website. Pada tahun 2014, Google mengumumkan bahwa HTTPS menjadi salah satu poin yang menentukan peringkat website untuk memancing website menginstall SSL dan menggunakan HTTPS dan menjaga keamanan pengunjung website.

Tanpa sertifikat SSL, pengunjung yang ingin mengakses website Anda akan diberi peringatan oleh browser, “This connection is not secure”.

3. Menggunakan Gambar dengan format WebP

Gambar berukuran besar tentu akan memakan lebih banyak tempat di server, dan dapat berakibat pada melambatnya akses website. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan gambar dengan format WebP yang dapat mengurangi ukuran file tanpa menurunkan kualitas gambar.

4. Membenahi Broken Link

Broken link dapat terjadi ketika URL yang ingin diakses tidak ada. Biasanya, pengunjung akan mendapatkan notifikasi 404 URL error pada browser mereka. Selain mengganggu, broken link dapat mengarahkan crawler mesin pencari yang ingin mengakses dan mengindeks konten ke ‘jalan buntu’. Manfaatkan tool Google Search Console memantau dan mengelola broken link.

5. Memanfaatkan Browser Caching

Ketika pengunjung mengakses suatu website, seluruh informasi pada halaman tersebut, seperti gambar, teks, font, script, dsb., diambil di server website. Dengan mengaktifkan caching, browser akan menyimpan informasi website dan mengakibatkan akses ke website lebih cepat.

Browser caching dapat memberikan manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan kecepatan akses website. Untuk dapat memanfaatkan browser caching, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan caching plugin yang tersedia.

Ada berbagai aspek mengenai technical SEO yang dapat Anda pelajari dan terapkan. Namun, Anda dapat menerapkan 5 hal di atas sebagai langkah pertama pemanfaatan technical SEO. Untuk panduan technical SEO lebih detail, Anda bisa menggunakan Tools SEO terbaik dari Rumahweb, agar website Anda bisa menjadi nomor satu di Google

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Agnes Sony Tianinda