Rumahweb Blog
Banner - Apa itu SSH adalah

Apa Itu Secure Shell Connection (SSH) Pada Server?

Pernahkah Anda mendengar istilah SSH? Lalu, apa itu SSH? Sederhananya, SSH adalah protokol secure yang digunakan untuk mengelola hosting atau server secara remote. Dengan menggunakan protokol ini, Anda tidak perlu mendatangi lokasi fisik server, karena pengelolaan bisa dilakukan secara remote dari lokasi manapun. 

Jika Anda sedang mencari tahu tentang pengertian apa itu SSH atau cara melakukan remote server, maka Anda berada di artikel yang tepat! Di artikel ini, Rumahweb akan membahas secara lengkap tentang apa itu SSH, manfaat, hingga cara menggunakannya. 

Apa itu SSH?

Untuk memahami apa itu SSH, mari kita mulai dengan memahami dari singkatannya. SSH adalah kependekan dari Secure Shell Connection. Dari kepanjangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa SSH adalah koneksi shell yang aman.

SSH adalah protokol yang digunakan oleh seseorang untuk melakukan remote server atau hosting. Hal ini berarti Anda tidak perlu mendatangi lokasi server secara langsung untuk melakukan pengelolaan. Cukup pastikan tersambung dengan jaringan internet, dan Anda sudah bisa melakukan pengelolaan server dimanapun Anda berada!

BACA JUGA : VPS Windows vs Linux, Manakah yang Terbaik untuk Saya?

Fungsi SSH

Setelah mengetahui apa itu SSH, selanjutnya Anda juga harus memahami fungsi SSH. Berikut kami rangkum beberapa fungsi SSH pada umumnya! 

Mengelola server secara fleksibel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tentang apa itu SSH, tentu Anda sudah mengetahui bahwa pengelolaan server bisa dilakukan secara fleksibel dengan cara remote.

Hal ini berarti tanpa perlu mendatangi lokasi fisik server, Anda dapat melakuka berbagai pengelolaan, mulai dari transfer data, instalasi aplikasi, hingga memantau kondisi server dengan mudah secara remote

Menghindari Cyber Crime

Kejahatan di internet, atau yang lebih dikenal dengan istilah cyber crime, seperti IP Spoofing hingga pelacakan ilegal, menjadi ancaman ketika beraktivitas di internet.

Dengan menggunakan SSH, Anda dapat lebih tenang dalam menghadapi segala ancaman tersebut. Hal ini karena SSH menggunakan teknik kriptografi yang tangguh untuk mengamankan koneksi antara client ke server, atau sebaliknya, dari serangan hacker. Mengapa demikian?

SSH menggunakan 3 enkripsi. Mari kita bahas apa saja enkripsi yang digunakan SSH.

1. Enkripsi Simetris (Symmetric Encryption)

Metode enkripsi ini menggunakan satu kunci bersama (shared key) saat melakukan komunikasi. Kunci ini hanya dikenali antara SSH client dan SSH server yang saling berhubungan.

Ketika terjadi pertukaran data, kunci ini tidak ikut dipertukarkan. Hal inilah yang membuat hacker tidak bisa “mengintip” pertukaran data yang sedang berlangsung. 

BACA JUGA : Apa itu Enkripsi? Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

2. Enkripsi Asimetris (Asymmetric Encryption)

Apabila di metode enkripsi simetris menggunakan satu kunci bersama, maka metode enkripsi asimetris menggunakan 2 kunci, yang dikenal sebagai private key (yang berada di SSH server) dan public key (yang berada di SSH client).

Data yang dipertukarkan dienkripsi dan hanya bisa dibuka menggunakan pasangan public key dan private key, dan tidak bisa menggunakan kunci yang lain. Informasi tentang SSH Key bisa Anda baca selengkapnya pada artikel: SSH Key

3. Hashing

SSH juga menggunakan teknik enkripsi hashing. Teknik enkripsi hashing hanya berjalan satu arah sehingga tidak dapat dienkripsi. Teknik ini juga sering disebut sebagai one way hash. Sedangkan untuk enkripsi one way hash akan membuat enkripsi yang panjang, namun tidak memiliki pola yang jelas. Hal inilah yang membuat teknik enkripsi ini tidak dapat dieksploitasi.Memiliki Sistem Keamanan Yang Baik

SSH adalah koneksi shell yang aman. Dengan menggunakan enkripsi data yang begitu kompleks, akan membuat seorang hacker tidak bisa meretas atau mencuri informasi dengan mudah.

Cara Menggunakan SSH

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah melakukan remote server menggunakan SSH. Selain dilakukan di VPS, remote server menggunakan SSH juga bisa dilakukan di layanan hosting lainnya.

Untuk melakukan koneksi SSH ke server, Anda harus menyiapkan SSH client. Bagi pengguna komputer dengan OS Windows, Anda dapat melakukan remote menggunakan aplikasi PuTTY. Sedangkan bagi pengguna OS berbasis Linux atau Mac OS, bisa menggunakan terminal untuk melakukan koneksi remote ke server.

SSH di Hosting

Berikut ini langkah-langkah menjalankan SSH melalui hosting:

  1. Login ke cPanel hosting.
    Login ke cPanel dapat dilakukan melalui namadomain/cpanel atau bisa dilakukan melalui halaman Clientzone dengan panduan berikut.
  1. Klik Menu Terminal.
    Setelah berhasil login ke cPanel hosting, silakan klik fitur Terminal. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengelolaan server melalui SSH.

Perhatian:

Fitur SSH tersedia pada paket Shared Hosting (Medium dan Large), Unlimited Hosting (Grow dan Bloom) serta semua paket Cloud hosting.

Selain melakukan remote melalui menu Terminal di cPanel, Anda juga dapat melakukan remote hosting melalui aplikasi Putty, atau terminal laptop Anda. Informasi selengkapnya terkait cara remote SSH di layanan hosting, dapat dibaca pada artikel berikut: Cara menggunakan SSH di hosting   

SSH di VPS

Cara menggunakan SSH di layanan VPS hampir mirip dengan melakukan SSH ke hosting. Pada VPS, Anda dapat menggunakan control panel cPanel, dengan panduan yang sudah kami jelaskan. Namun bila Anda tidak menggunakan panel di VPS, Anda dapat melakukan koneksi SSH menggunakan shell.

Berikut langkah-langkah menggunakan SSH di VPS melalui terminal. Bagi pengguna komputer dengan OS Windows, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi Putty.

  1. Buka Aplikasi Terminal.
  2. Ketikkan perintah berikut:
ssh user@hostname -p port

Keterangan;

usergunakan user VPS Anda. Default VPS Rumahweb menggunakan user root.
hostnamehostname server. Anda dapat mengisinya menggunakan IP server VPS.
portport koneksi SSH. Defaultnya menggunakan port 22.

Simak artikel kami tentang melakukan koneksi SSH ke server VPS menggunakan aplikasi terminal untuk mengetahui panduan lengkapnya!

Menggunakan SSH di Android

Melakukan akses SSH bisa juga dilakukan dari perangkat Android. Caranya, cukup instal aplikasi SSH melalui Play Store, dan Anda sudah bisa terhubung ke server.

Silakan kunjungi artikel kami tentang cara menggunakan ssh ke VPS menggunakan Android untuk mengetahui langkah-langkahnya secara lengkap!

Kesimpulan

SSH adalah protokol secure yang sering digunakan untuk mengelola server dan hosting dari jarak jauh. Teknologi enkripsi simetris, asimetris, dan hashing yang dimiliki SSH membuat data yang sedang dipertukarkan antara SSH client dan SSH server tidak dapat dicuri oleh hacker.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan hosting yang support SSH? Pastikan jatuhkan pilihan Anda pada Rumahweb Indonesia! Selain menghadirkan server canggih dengan teknologi terkini, Rumahweb juga memiliki customer support andal dan ramah yang siap membantu Anda 24/7! Dapatkan juga penawaran promo hosting murah dan layanan VPS murah yang sayang dilewatkan!

Berikut tadi artikel tentang apa itu SSH, manfaat, hingga cara menggunakannya. Semoga dapat membantu! 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit Puguh

banner Pop Up - Hosting 99K