Rumahweb Blog
Banner - Angle Fotografi adalah

Angle Fotografi: Pengertian, Jenis, dan Tips Mengambil Angle Foto

Angle fotografi menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat akan memotret suatu objek. Dalam ilmu fotografi, angle foto adalah pengetahuan yang berkaitan dengan sudut pengambilan gambar.

Singkatnya, angle fotografi membahas terkait posisi kamera fotografer saat membidik objeknya. Jika Anda sedang belajar fotografi, simak artikel Rumahweb tentang angle fotografi ini!

Pengertian Angle Fotografi

Angle fotografi adalah sudut pandang atau posisi kamera saat menangkap gambar/objek foto. Sudut pandang ini sepenuhnya bergantung pada preferensi fotografer atau orang yang mengambil foto.

Angle fotografi adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dalam dunia fotografi karena akan memengaruhi bagaimana objek dalam foto terlihat dan memberikan kesan yang berbeda pada orang yang melihat.

BACA JUGA: Tips Membuat Foto Produk Hanya dengan Menggunakan Smartphone

Macam-macam Angle Fotografi

Ada beberapa jenis angle fotografi yang sering digunakan dan dapat Anda eksplorasi, di antaranya:

1. Eye-level Angle

Angle fotografi satu ini menempatkan kamera di ketinggian yang sama dengan objek yang difoto. Teknik ini sering digunakan untuk memberi kesan natural dan realistis pada objek.

Jika objek fotonya manusia, kamera diletakkan sejajar dengan mata si objek. Angle foto ini cocok digunakan dalam foto resmi untuk berbagai keperluan, seperti CV, paspor, KTP, dan lain-lain.

2. High Angle

Teknik pengambilan gambar dengan memposisikan kamera di atas, atau lebih tinggi, dari objek yang difoto disebut sebagai high angle foto. High angle sering digunakan untuk membuat objek terlihat kecil atau inferior.

Angle ini cocok untuk memotret objek yang bersifat datar, seperti buku, makanan di piring, baju yang dilipat, dan lain-lain. High angle dapat Anda gunakan ketika ingin menerapkan foto flat lay.

3. Low Angle

Kebalikan high angle, low angle adalah angle fotografi yang menempatkan kamera lebih rendah dari objek yang dipotret. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat kesan besar, intimidatif, dan berkuasa pada objek.

Banyak fotografer menggunakan teknik ini untuk memotret gedung bertingkat atau pepohonan lebat di hutan. Teknik low angle juga bisa digunakan jika Anda ingin menonjolkan kekuatan suatu objek yang sebenarnya berukuran kecil, seperti hewan peliharaan, anak kecil, atau mungkin produk kecantikan.

4. Bird’s Eye Angle

Seperti namanya, angle fotografi ini menempatkan kamera di ketinggian, seolah-olah kamera itu adalah mata seekor burung. Bird’s eye angle sangat cocok digunakan untuk mengabadikan pemandangan dan memberikan gambaran yang lebih luas.

Tidak hanya bagus untuk memotret pemandangan, angle fotografi ini juga cocok untuk menggambarkan keadaan secara ringkas dalam satu frame, misalnya kemacetan, deretan gedung tinggi, dan lain sebagainya.

Dalam menerapkan bird’s eye angle, kamera biasanya diletakkan pada bangunan tinggi, atau memanfaatkan benda melayang, seperti drone, helikopter, atau balon udara.

5. Frog’s View Angle

Angle fotografi ini juga kerap disebut dengan worm’s eye angle atau angle mata cacing. Teknik ini memposisikan kamera pada posisi yang sangat rendah, lebih rendah dari low angle. Bahkan kamera bisa hampir menyentuh tanah.

Untuk menerapkan teknik ini, biasanya fotografer harus berada di posisi tiarap, atau menggunakan LCD tambahan untuk membantu membidik objek. Angle fotografi ini cocok diterapkan jika Anda ingin memotret objek yang ada di tanah, seperti sekumpulan jamur atau semut.

BACA JUGA: 3 Cara Jual Foto Online Untuk Mendapat Cuan Tambahan

Tips Angle Foto yang Keren

Ada sejumlah komponen yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan foto terbaik. Berikut ini tips angle fotografi yang bisa Anda terapkan:

1. Lakukan Eksperimen dengan Berbagai Sudut Pandang

Cobalah menempatkan kamera di berbagai sudut untuk menemukan angle terbaik bagi objek Anda. Jangan takut untuk mencoba sudut yang tidak biasa atau tidak umum.

2. Perhatikan Background/Latar Belakang

Pastikan latar belakang tidak terlalu ramai sehingga mengganggu objek Anda. Cobalah untuk mencari latar belakang yang sederhana namun menarik.

3. Gunakan Angle yang Sesuai dengan Subjek

Pilih angle yang sesuai dengan subjek Anda. Misalnya, gunakan low angle untuk mengambil foto objek yang besar dan tinggi seperti gedung atau gunung.

4. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik dapat membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Manfaatkan matahari di waktu-waktu tertentu, atau gunakan cahaya tambahan yang tepat untuk memberikan efek dramatis pada foto Anda.

5. Jangan Takut Bereksperimen

Cobalah untuk bermain-main dengan sudut pandang, pencahayaan, dan komposisi untuk menciptakan hasil yang unik dan menarik. Jangan takut untuk berkreasi dan mencoba hal baru dalam fotografi.

Ingatlah bahwa aturan fotografi tidak selalu harus diikuti secara ketat. Jangan takut untuk melanggar aturan yang ada, bila itu memang diperlukan untuk mendapatkan hasil foto sesuai keinginan.

Demikian ulasan lengkap mengenai angle fotografi dan beberapa tips angle foto yang bisa Anda terapkan. Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada banyak angle foto yang dapat Anda eksplorasi. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 14

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb