Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Analisis SWOT Adalah

Analisis SWOT: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Contohnya

Analisis SWOT adalah pendekatan yang dapat membantu perusahaan menganalisis bisnisnya, seperti mengetahui kelebihan dan kelemahannya, hingga mengamati kompetitor. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu analisis SWOT, contoh hingga cara menggunakannya.

SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

Bagi Anda yang ingin memahami, ada baiknya mengetahui lebih dalam tentang pengertian, tujuan, manfaat, faktor-faktor dalam analisis SWOT hingga cara menggunakannya.

Apa itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah metode yang dipakai untuk menilai posisi persaingan suatu perusahaan, dan merumuskan rencana strategis untuk menjalankan bisnisnya.

Dalam analisis SWOT, perusahaan dapat melakukan evaluasi terhadap faktor internal dan eksternal, serta mengidentifikasi potensi yang ada saat ini maupun di masa depan.

BACA JUGA: Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Tujuan Analisis SWOT

Secara singkat, analisis SWOT dapat digunakan untuk menilai posisi persaingan perusahaan. Jika dijabarkan, berikut beberapa tujuan analisis SWOT:

1. Memetakan Faktor-faktor Penting

Tujuan pertama analisis SWOT adalah membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan menggambarkan faktor-faktor penting terkait strategi mereka.

Keempat komponen dalam analisis SWOT dapat membantu perusahaan dalam mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi mereka, seperti faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman).

2. Memprediksi Potensi Masalah

Karena analisis SWOT membantu memetakan kekurangan dan ancaman dalam sebuah perusahaan, analisis ini juga dapat membantu memprediksi potensi-potensi masalah yang mungkin muncul di masa depan.

3. Mengetahui Posisi Perusahaan di Tengah Persaingan

Tujuan selanjutnya analisis SWOT adalah untuk membantu perusahaan memahami posisinya serta menganalisis para kompetitor yang terlibat dalam persaingan di pasar. Dengan demikian, perusahaan dapat mengungguli mereka secara efektif dan menjadi yang terdepan di pasar.

4. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Dengan memetakan keempat komponen dalam analisis SWOT, perusahaan juga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat guna, dan bermanfaat bagi keberlangsungannya.

Manfaat Analisis SWOT

Setelah memahami pengertian dan tujuannya, apakah Anda sudah dapat menyimpulkan apa saja manfaat analisis SWOT untuk suatu perusahaan? Berikut Rumahweb rangkum 3 manfaat utamanya:

1. Mengembangkan Strategi yang Efektif

Analisis SWOT bermanfaat dalam memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan strategi perusahaan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal, perusahaan dapat mengidentifikasi pilihan strategi yang sesuai dengan situasi mereka.

2. Mengidentifikasi Faktor Kunci

Manfaat lain analisis SWOT adalah membantu perusahaan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan mereka. Kelemahan yang teridentifikasi dapat ditingkatkan, kekuatan dapat dimanfaatkan dengan lebih baik, peluang dapat dikejar, dan ancaman dapat diantisipasi.

3. Mengevaluasi Pesaing

Analisis SWOT dapat membantu perusahaan membandingkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari kompetitor. Perusahaan juga dapat mengidentifikasi keunggulan kompetitif mereka dan mencari peluang untuk mengalahkan pesaing di tengah persaingan.

BACA JUGA: Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri: Definisi dan Cara Membuat

Faktor-faktor dalam Analisis SWOT

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, analisis SWOT terdiri atas dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Berikut penjelasannya:

1. Faktor Internal

Faktor internal berarti faktor-faktor yang ada dalam perusahaan dan tidak terpengaruh oleh unsur dari luar. Dalam analisis SWOT, faktor internal meliputi strength dan weakness.

Strength menunjukkan kekuatan atau kelebihan sebuah bisnis dibanding kompetitornya. Sedangkan weakness menunjukkan kelemahan atau kekurangan yang bisa menghambat kinerja perusahaan.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar perusahaan. Dalam analisis SWOT, yang termasuk faktor eksternal adalah opportunities dan threats.

Opportunities menunjukkan apa saja peluang yang dimiliki dan dapat memberikan keuntungan dalam bisnis tersebut. Terakhir, threats yang menunjukkan faktor-faktor apa saja yang menjadi ancaman dan dapat merugikan bisnis.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

contoh diagram analisis swot

Analisis SWOT memiliki berbagai manfaat bagi suatu perusahaan. Lalu, bagaimana cara menggunakan analisis SWOT?

1. Membentuk Tim Kerja

Untuk menjalankan analisis SWOT yang efektif, diperlukan keterlibatan beberapa pihak yang terkait dengan bisnis tersebut. Bentuklah tim yang terdiri atas anggota dengan latar belakang pendidikan yang beragam, agar perspektif dan sudut pandang pemikiran tidak monoton.

2. Membuat Diagram Analisis SWOT

Langkah selanjutnya adalah memetakan diagram analisis SWOT. Langkah ini dapat membantu perusahan melihat faktor-faktor yang menghambat pencapaian tujuan, seperti kelemahan dan ancaman, serta faktor-faktor yang mendukung tercapainya tujuan, seperti kekuatan dan peluang.

3. Menyusun Pertanyaan SWOT

Selanjutnya adalah menyusun pertanyaan fundamental terkait SWOT. Berikut beberapa contoh pertanyaan dalam masing-masing poin analisis SWOT:

Strength

  • Apa yang membedakan bisnis Anda dengan yang lain?
  • Apa keunggulan bisnis Anda?
  • Apa yang membuat pelanggan kembali menggunakan produk Anda?

Weakness

  • Apa yang membuat kompetitor lebih unggul dari bisnis Anda?
  • Mengapa konsumen tidak mengenal produk Anda?
  • Apa yang membuat produk sulit terjual?

Opportunities

  • Adakah kesempatan yang bisa diraih saat ini?
  • Apakah bisnis Anda sudah mengikuti tren di pasar?

Threats

  • Mengapa kompetitor tampak lebih kuat?
  • Peristiwa/kondisi apa yang dapat memengaruhi bisnis Anda?

Contoh Analisis SWOT

Setelah memahami cara penggunaan analisis SWOT, berikut kami rangkum contoh analisis SWOT yang dilakukan perusahaan besar, yakni Gojek dan Netflix.

1. Gojek

Gojek adalah perusahaan penyedia layanan ojek online yang cukup populer di Indonesia. Selain menyediakan transportasi online, Gojek juga memiliki banyak layanan yang dapat memudahkan kehidupan penggunanya, seperti layanan pesan antar makanan, barang, hingga pembayaran tagihan.

Berikut ini diagram analisis SWOT Gojek:

contoh analisis swot Gojek

BACA JUGA : Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan untuk Jualan Online

2. Netflix

Selanjutnya, Netflix adalah platform penyedia layanan streaming film, serial, dan video berbayar. Netflix mempunyai koleksi tayangan yang cukup beragam. Pengguna dapat menikmati konten-konten tersebut melalui berbagai perangkat seperti laptop, tablet, smartphone, dan juga smart TV.

Berikut adalah diagram analisis SWOT Netflix:

contoh analisis swot Netflix

Dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT adalah pendekatan yang penting untuk dianalisis oleh sebuah perusahaan. Demikian artikel Rumahweb Indonesia tentang analisis SWOT. Sekarang, Anda dapat membuat analisis Anda sendiri!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb