Anak Bangsa Wajib Tahu 5 Fakta Menarik Domain .ID

Anak Bangsa Wajib Tahu 5 Fakta Menarik Domain .ID

Tahukah Anda berapa angka yang dicapai penetrasi internet di Indonesia? Yup, 46%! Angkanya mencapai 46%! Cukup tinggi bukan?

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan tingkat penetrasi Internet tertinggi diiringi dengan perkembangan industri teknologi yang cukup baik.

Perkembangan industri teknologi ini, tentunya mendorong industri-industri konvensional untuk beralih digital. Lalu, apa yang sebenarnya wajib diperhatikan saat masa-masa peralihan ini?

Yup, salah satunya adalah pemilihan nama domain. Pemilihan nama domain sangat berarti bagi brand anda. Domain bisa menjadi gerbang awal bagi market untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Indonesia sudah memiliki nama domain teratas yang bisa Anda gunakan, lho!

.ID kini hadir sebagai domain teratas dari Indonesia dengan beberapa fakta menarik yang wajib Anda diketahui:

1. Keamanan dan Kenyamanan Terjamin

Sebagai pengelola resmi domain .ID atau yang dikenal dengan PANDI, mengklaim dan menegaskan bahwa penggunaan domain .id terbilang aman karena Pandi bisa menjaga domain .ID tidak dipakai untuk kegiatan aktivitas yang melanggar hukum Indonesia seperti perjudian, pornografi, hingga penipuan.

Hal ini dapat diyakinkan karena Pandi sendiri memiliki data semua pemilik domain .ID. Sehingga, jika ada yang melanggar maka Pandi berhak mencabut kepemilikan domain.

2. Ramah SEO

Pihak Pandi telah melakukan riset bahwa situs web dengan domain .id terbukti berada di peringkat atas untuk banyak kata kunci. Kembali lagi, peringkat atas bisa didapatkan bergantung pada pengelolaan pemilik situs web dalam pengoptimisasi kata-kata kunci.

3. Lebih Cepat

Pemakaian domain .ID juga dikaui lebih cepat karena server berada di Indonesia. Selain itu, pihak Pandi mengungkapkan bahwa telah memasang server di Cina pada tahun 2014 agar pengguna domain .id yang berada di Eropa atau Amerika dapat mengakses lebih cepat.

4.  Regulasi Penggunaan

Seperti yang telah ditetapkan di Surat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain, kini penggunaan nama domain .ID diwajibkan.

Selain, itu instansi pemerintah atau BUMN juga mewajibkan situs web menjadi .id. Tidak hanya BUMN, situs asing yang berdomisili di Indonesia juga di prioritaskan menggunakan .ID lho!

5. Tata Cara Lebih Mudah

Jika sebelumnya, pengguna harus melampirkan akta perusahaan hingga kartu NPWP, kini pengguna cukup dengan mendaftarkan domain yang diinginkan ke perusaah web hosting. Hal ini diberlakukan sejak Agustus 2017, diharapkan domain .id lebih fleksibel dan mudah dijangkau oleh semua  kalangan.

Itu dia 5 fakta menarik domain .ID, sebagai anak bangsa wajib banget nih mulai menggunakkan domain .ID untuk situs web Anda.

Tahukah Anda, dahulu domain .ID harus didapatkan seharga kurang lebih  seharga 500,000. Mahal sekali bukan? Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena domain .ID bisa didapatkan hanya seharga 199,000 lengkap dengan paket hosting 1GB hanya di Rumahweb Indonesia?

Tertarik? Yuk, segera kunjungi laman ini Promo .ID 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *